Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000 Anak Ditetesi Vitamin A, Bupati Terima Piagam MURI

Kompas.com - 26/08/2013, 21:13 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN,KOMPAS.com - Bupati Simalungun JR Saragih mendapat penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) setelah menggelar kegiatan pemberian vitamin A kepada 2.016 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Senin (26/8/2013).

Pemberian vitamin A dalam bentuk tetes ini digelar dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional di Open Stage Parapat, Kabupaten Simalungung, Sumatera Utara.

Pihak MURI melalui Henri Zheng pada saat itu mengumumkan bahwa pemberian vitamin A kepada anak PAUD memecahkan rekor MURI dan selanjutnya MURI menyerahkan piagam MURI kepada Bupati Simalungun, Ketua DPRD Simalungun dan Bunda PAUD Ny Erunita JR Saragih, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Mislaini Saragih.

Pemkab Simalungun juga menggelar gebyar PAUD yang berisi kegiatan lomba menggambar, penyerahan akte lahir, pemeriksanaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada anak yang dilaksanakan di Rumah Sakit Tuan Rondahaim Saragih.

Pada acara itu Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan, guna mendukung keberadaan PAUD, Pemkab Simalungun dari tahun ke tahun memberikan bantuan dana untuk peningkatan kualitas anak PAUD maupun tenaga pengajar.

Jika pada tahun 2012 lalu Pemkab Simalungun menyiapkan anggaran untuk PAUD Rp 115 juta, tahun 2013 sebesar Rp 200 juta, maka pada tahun 2014 mendatang, Pemkab Simalungun menyediakan anggaran Rp 2 milyar.

"Oleh karenanya, diharapkan kepada guru PAUD untuk senantiasan memberikan perhatian kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Kadis Kesehatan yang telah memberikan perhatian kepada anak-anak dengan memberikan vitamin secara gratis. Kiranya program seperti ini dapat berkelanjutan,” katanya.

Hadir pada acara itu, Dirjen PAUD Kemendiknas, Lydia Freyani Hawadi, yang menyatakan apresiasinya atas upaya Pemkab Simalungun untuk peningkatan kualitas anak-anak PAUD. Lydia berjanji memberikan bantuan dana sebesar Rp 1,290 milyar untuk pembinaan PAUD kepada Pemkab Simalungun.

Pemkab Simalungun melalui Dinas Pendidikan merilis jumlah PAUD di Kabupaten Simalungun sejak Juni 2012 lalu mengalami peningkatan. Jika jumlah PAUD tahun 2012 sebanyak 311 lembaga PAUD, maka pada tahun 2013 bertambah sebanyak 69 lembaga.

"Peningkatan ini terjadi dikarenakan gencarnya pembinaan kepada pengelola PAUD maupun tenaga pendidik PAUD," kata Kepala Dinas Pendidikan Simalungun, Pintor Siahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com