Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Permintaan Rental Mobil Naik 100 Persen

Kompas.com - 29/07/2013, 18:08 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Permintaan mobil rental di Yogyakarta menjelang Lebaran meningkat hingga 100 persen. Bahkan pemilik rental harus memperkuat armadanya dengan menambah jumlah kendaraan untuk memenuhi permintaan.

"Peningkatan permintaan mobil rental sudah mulai kelihatan sejak awal puasa lalu," terang Khoirul Anwar, pemilik rental mobil Jogja Empat Roda yang berlokasi di Jalan Pelagan Tentara Pelajar Warak Sleman, Senin (29/07/2013).

Menurut Khoirul peningkatan permintaan rental mobil menjelang Lebaran sangat tinggi. Di hari biasa yang keluar hanya 10-15 unit sedangkan H-10 ini sampai H+7 20 unit mobil sudah dipesan.

"Setiap hari ada sekitar 40 orang yang menghubungi kita, namun sejak seminggu lalu setiap hari ada 80 an orang," ujar dia.

Ia mengungkapkan sampai H-10 ini pemesan mobil rental kebanyakan dari Jakarta, meski demikian pemesan tidak hanya datang dari dalam negeri, namun juga dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Vietnam.

"Mereka memesan via web, kebanyakan orang indonesia yang bekerja di luar negeri dan ingin mudik menggunakan mobil," tandasnya.

Per 24 jam sebelum H-7, biaya meminjam satu unit Rp 250.000 - Rp 300.000 tergantung merk mobil yang diinginkan. Sedangkan H-7 sampai H+7 per 24 jam naik menjadi Rp 400.000 - Rp 500.000.

"Kenaikkanya 60 persen dan akan normal kembali setelah H+7," ucapnya.

Demi mencukupi kebutuhan permintaan rental selama lebaran, ia mengaku telah menambah beberapa unit mobil. " Saya sengaja menambah lima mobil, karena permintaan begitu tinggi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com