Minggu, 26 Oktober 2014

News / Regional

Gempa di Aceh, Penyortir Kopi Tertimpa Reruntuhan Gudang

Selasa, 2 Juli 2013 | 21:27 WIB
Kompas.Com/DESI SAFNITA SAIFANa Perumahan padat penduduk di ibu kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, tampak dari ketinggian di pinggir Danau laut Tawar. (DESI)

Terkait

BIREUEN, KOMPAS.com - Gempa susulan berkekuatan 6,2 skala richter meruntuhkan sebagian besar rumah penduduk di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Selasa (2/7/2013), sekira pukul 14.40 wib.

Seorang pekerja penyortir kopi dilaporkan mengalami luka parah tertimpa reruntuhan gudang kopi di Kampung Monga, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, Rina (40), salah satu penyortir kopi di gudang yang runtuh tersebut mengalami luka parah di bagian kepala. Luka itu akibat tertimpa reruntuhan kayu dari gudang kopi tempatnya bekerja.

“Saat kejadian korban belum sempat melarikan diri, sehingga terperangkap di dalam gudang,” ujar Iwan Bahagia, warga Kecamatan Bebesen.

Saat ini Rina sudah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Aceh Tengah untuk mendapatkan perawatan intensif. Selain gudang kopi, belasan rumah di beberapa Kecamatan seperti Bebesen dan Kebayakan di Kabupaten Aceh Tengah, dilaporkan rusak parah. Bahkan, beberapa di antaranya runtuh rata di tanah.

Di kabupaten tetangga, Bener Meriah, dilaporkan tujuh warga mengalami luka parah tertimpa reruntuhan bangunan rumah. Ke tujuh warga berasal dari Kecamatan Pondok, Kabupaten Bener Meriah, yang tidak sempat melarikan diri dari rumah berlantai dua di kawasan itu.

Kendati belum diperoleh hasil rinci jumlah korban jiwa maupun fasilitas gedung yang rusak, namun dilaporkan warga kota sebagian besar memilih mengungsi ke rumah ibadah terdekat.

Klik foto-foto ukuran besar tentang gempa Aceh di sini.

Penulis: Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan
Editor : Glori K. Wadrianto