Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa di Aceh, Penyortir Kopi Tertimpa Reruntuhan Gudang

Kompas.com - 02/07/2013, 21:27 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Gempa susulan berkekuatan 6,2 skala richter meruntuhkan sebagian besar rumah penduduk di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Selasa (2/7/2013), sekira pukul 14.40 wib.

Seorang pekerja penyortir kopi dilaporkan mengalami luka parah tertimpa reruntuhan gudang kopi di Kampung Monga, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, Rina (40), salah satu penyortir kopi di gudang yang runtuh tersebut mengalami luka parah di bagian kepala. Luka itu akibat tertimpa reruntuhan kayu dari gudang kopi tempatnya bekerja.

“Saat kejadian korban belum sempat melarikan diri, sehingga terperangkap di dalam gudang,” ujar Iwan Bahagia, warga Kecamatan Bebesen.

Saat ini Rina sudah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Aceh Tengah untuk mendapatkan perawatan intensif. Selain gudang kopi, belasan rumah di beberapa Kecamatan seperti Bebesen dan Kebayakan di Kabupaten Aceh Tengah, dilaporkan rusak parah. Bahkan, beberapa di antaranya runtuh rata di tanah.

Di kabupaten tetangga, Bener Meriah, dilaporkan tujuh warga mengalami luka parah tertimpa reruntuhan bangunan rumah. Ke tujuh warga berasal dari Kecamatan Pondok, Kabupaten Bener Meriah, yang tidak sempat melarikan diri dari rumah berlantai dua di kawasan itu.

Kendati belum diperoleh hasil rinci jumlah korban jiwa maupun fasilitas gedung yang rusak, namun dilaporkan warga kota sebagian besar memilih mengungsi ke rumah ibadah terdekat.

Klik foto-foto ukuran besar tentang gempa Aceh di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com