Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Film di Bandung, Ridwan Kamil Janji Bantu Tekan Biaya Produksi

Kompas.com - 21/03/2017, 16:09 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memiliki program bernama Movie Making Friendly City. Program ini ditujukan bagi rumah produksi yang akan membuat film.

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, Movie Making Friendly City adalah sebuah program untuk membantu rumah produksi yang akan membuat film. Syaratnya, film tersebut harus berlatar Keindahan di Kota Bandung. 

"Saya ingin mempermudah orang-orang syuting di Bandung, apalagi film drama yang modalnya tidak terlalu besar," ujar Emil saat ditemui seusai gala premiere film Baracas di XXI Ciwalk, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Senin (20/3/2017).

(Baca juga: "Baracas", Film Komedi yang "Bandung Banget")

Salah satu bantuan yang diberikan Emil bagi rumah produksi film adalah menekan biaya sewa hotel untuk para kru dan artis. Namun syaratnya tentu saja mempromosikan suasana Kota Bandung yang baru.

"Kemudahan salah satunya mengurangi biaya produksi dengan jaringan yang bisa buat penginapan kru. Ini pernah saya lakukan untuk film Hijabers in Love, saya bantu," ungkapnya.

Emil mengatakan, Kota Bandung saat ini memiliki banyak tempat yang bisa dijadikan lokasi syuting film layar lebar maupun sinetron.

"Bandung punya setting masa lalu, punya setting masa depan, punya setting romantis, dunia pendidikan, dan setting yang sifatnya tempat-tempat malam. Jadi Bandung ini lengkap sebagai laboratorium film. Lutung Kasarung juga diciptakan dan dibuat di Bandung," tandasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com