Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Media: Risma Populer meski Belum Nyatakan Maju Pilgub Jatim

Kompas.com - 01/03/2017, 20:45 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Nama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, masuk dalam empat nama populer yang banyak diekspos media jelang pemilihan gubernur Jawa Timur tahun 2018.

Selain nama Risma, hasil dari riset media yang dilakukan sejak Agustus 2016 hingga akhir Februari 2017 oleh The Initiative Institute juga menyebut nama Saifullah Yusuf (Wagub Jatim), Abdullah Azwar Anas (Bupati Banyuwangi), dan Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial).

Nama Risma terpaut satu poin dari nama Saifullah Yusuf. Risma disebut 32 persen, sementara Saifullah Yusuf 33 persen. Khofifah Indar Parawansah disebut 15 persen, dan Abdullah Azwar Anas 11 persen. Adapun beberapa nama lainnya di bawah 9 persen.

"Perolehan angka tersebut dalam status Risma belum mengiyakan akan maju menjadi cagub Jatim. Sementara itu, Saifullah Yusuf sudah dipastikan maju Pilgub Jatim meski belum punya kendaraan partai," Kata CEO The Initiative Institute, Airlangga Pribadi, Rabu (1/3/2017).

Riset tersebut dilakukan dengan menganalisis 382 berita dari berbagai media kredibel selama enam bulan. Analisis juga dilakukan dari sisi isu yang dibicarakan, dari masalah sosial, pendidikan, ketenagakerjaan, politik, dan pembangunan infrastruktur.

Dari 32 persen pemberitaan Risma, Airlangga mencatat sejumlah penekanan negatif, antara lain tentang kebudayaan, dalam hal ini tentang gagalnya Risma mempertahankan cagar budaya rumah radio Bung Tomo, dan berita soal ketenagakerjaan saat buruh mendemo kediaman pribadi Risma.

"Sayangnya, dari empat nama yang disurvei, tidak satu pun yang tampil membahas tentang kekerasan perempuan dan anak. Padahal bagi perempuan, isu itu sangat menarik perhatian, dan ingat pemilih perempuan sangat menentukan menangnya calon dalam pilkada," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com