Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Ambles di Bogor, Kendaraan Tak Bisa Melintas

Kompas.com - 21/02/2017, 18:39 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Akses jalan utama di Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, mengalami ambles, Selasa (21/2/2017). Akibatnya, warga di sekitar pemukiman tersebut tak dapat melintasi jalan yang menghubungkan Jalan Raya Pomad, Bogor, itu.

"Saat kejadian, saya dengar suara gemuruh yang cukup kencang. Warga keluar semua, ternyata jalan sudah ambles," ucap seorang warga, Zaenal (40).

Amblesnya ruas jalan tersebut, lanjut Zaenal, membuat warga tak berani melintas. Kata dia, jalan itu merupakan akses satu-satunya menuju ke Jalan Raya Pomad.

"Kalau anak-anak sama ibu-ibu pada takut lewat, karena memang kondisinya parah. Kalau motor sama mobil sudah pasti tidak bisa melintas," tuturnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat, telah terjadi 12 bencana di sejumlah titik di Kota Bogor, pada Selasa (21/2/2017). Bencana didominasi dari longsor, pohon tumbang, hingga rumah ambruk.

Kepala BPBD Kota Bogor Ganjar Gunawan mengatakan, seluruh kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, kerugian materi ditaksir cukup besar.

Ganjar menyampaikan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan inventarisasi dan memberikan bantuan darurat atas bencana itu.

"Bencana yang mendominasi masih longsor, rumah ambruk, dan pohon tumbang. Juga ada banjir lintasan. Ini hampir merata terjadi di semua wilayah," ungkap Ganjar.

Dia mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemasangan terpal darurat di beberapa titik longsor. Dia mengimbau, masyarakat lebih waspada terlebih di saat musim penghujan saat ini.

"Semua pihak juga harus ikut terlibat dalam penanganan bencana. Aparat wilayah seperti kecamatan dan kelurahan pun punya tugas bantuan penanggulangan bencana. Jadi, nggak melulu harus BPBD," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com