Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Becak Siantar Pecahkan Rekor MURI

Kompas.com - 15/10/2016, 21:52 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Konvoi becak Siantar atau BSA dalam HUT BSA Owner Motorcycles Siantar (BOM'S) ke-10 yang digelar di Pematangsiantar, Sabtu (15/10/2016), tercatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai “Konvoi Becak Motor Antik Satu Merek Terbanyak”

Awalnya MURI mencacat konvoi Becak Siantar itu terbanyak di Indonesia, tetapi setelah melihat langsung, ternyata terbanyak di dunia.

Presiden BOM'S, Erizal Kusuma Ginting menerima langsung sertifikat dari MURI itu didampingi Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi serta Penjabat Walikota Pematangsiantar, Jumsadi Damanik.

Mereka menerimanya usai menarik selubung merah tanda diresmikannya Tugu Becak Siantar sekaligus menandatangani prasasti serta melepas konvoi ratusan BSA keliling Kota Pematangsiantar.

“Saya menilai ini merupakan inovasi dan prakarsa luar bisa dari orang-orang Siantar dalam memodifikasi motor BSA yang merupakan pampasan perang menjadi becak. Karena memang hanya tinggal di Kota Pematangsiantar, becak bermotor merek BSA dan sejenisnya yang merupakan warisan perang dunia yang masih beroperasi dengan baik,” kata Tengku Erry Nuradi.

Gubsu menilai, beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan merupakan salah satu bentuk dukungan masyarakat dan Pemko Pematangsiantar terhadap kawasan Danau Toba sebagai “Monaco of Asia” yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo. Pematangsiantar terletak sangat dekat dengan DanauToba.

Gubsu mengajak Pemko Pematangsiantar bekerjasama untuk menggelar acara wisata secara konsisten dan teragenda.

“Kalau setiap kabupaten kota punya acara wisata konsisten dan teragenda maka akan mendorong pengembangan wisata Sumatera Utara,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com