Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Arus Mudik, Pilot dan Kru Pesawat Jalani Tes Urine

Kompas.com - 24/06/2016, 15:18 WIB
Karnia Septia

Penulis

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Menjelang arus mudik Lebaran, Badan Narkotika Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan tes urine kepada pilot dan kru pesawat di Bandara Internasional Lombok.

Kepala BNN Provinsi NTB Kombes Pol Sriyanto mengatakan, hari ini ada pilot dan kru dua pesawat yang telah dilakukan pemeriksaan, yaitu Silk Air dan Air Asia.

Dia mengatakan, tes urine dilakukan untuk menjamin keselamatan para penumpang pesawat. Terutama, menjelang arus mudik Lebaran yang diprediksi akan mencapai puncaknya pada pekan depan.

"Kalau awak pesawatnya tidak menggunakan narkoba, dia bersih dari narkoba, otomatis minimal akan mengurangi kecelakaan," kata Sriyanto seusai melakukan tes urine pilot di bandara, Jumat (24/6/2016).

Dia mengatakan, delapan orang yang terdiri dari pilot dan kru pesawat diperiksa urine oleh petugas BNN. Pemeriksaan ini dilakukan langsung di atas pesawat.

Jika terbukti positif, pihak BNN tidak segan-segan mengambil tindakan tegas dengan memberikan rekomendasi agar pilot tersebut tidak menerbangkan pesawat.

"Hasilnya tadi langsung dilihat oleh pilotnya dan oleh krunya, semuanya negatif," ungkap Sriyanto.

Dia menambahkan, selain di bandara, pemeriksaan dalam rangka Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) juga akan dilakukan di pelabuhan Khayangan, Pelabuhan Lembar dan Terminal Mandalika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com