Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vihara Dharmayana Kuta Gelar Pawai Barongsai untuk Ritual Tolak Bala

Kompas.com - 07/02/2016, 17:47 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS. com - Satu hari sebelum Tahun Baru Imlek 2567 yang jatuh pada Senin 8 Februari 2016, umat Budha di Vihara Dharmayana Kuta Jalan Blambangan menggelar ritual bersih bumi. 

Mereka melaksanakan pawai dengan mengarak barongsai dan liong atau naga. "Ya kami akan melakuan persembahyangan ritual. Ini persembahyangan ritual tolak bala," kata Pengurus Vihara Dharmayana, Adi Dharmaja Kusuma, Kuta, Badung, Bali, Minggu (07/02/2016).

Pawai dimulai pukul 17.00 WITA dengan mengambil rute Vihara Jalan Blambangan menuju sebagian Jalan Raya Kuta dan kembali ke Vihara. Pawai ini akan memakan waktu sekitar satu jam.

Pada setiap perempatan yang dijumpai akan dilakukan ritual untuk membersihkan bumi dari aura negatif. Pawai Barongsai dan Liong atau Naga dilakukanoleh umat Budha Vihara Dharmayana, khususnya para anak muda.

Mereka akan berjalan mengikuti rute yang ditempuh dari Vihara di Jalan Blambangan, menuju Jalan Raya Kuta dan kembali ke Vihara. Jarak tempuh pawai Barongsai dan Liong sekitar 1 kilometer. 

Untuk mengantisipasi kemacetan akibat pawai, natinya jalur jalan raya akan diberlakukan arus buka tutup. Arus buka tutup ini mengikuti waktu jalannya pawai yang membutuhkan waktu lama karena penuh ritual disetiap persimpangan jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com