Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Makassar, Mobil Pemadam Kebakaran Dirubah Jadi Panggung Tahun Baru

Kompas.com - 31/12/2015, 18:55 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Perayaan malam pergantian tahun di Kota Makassar, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto yang akrab disapa Danny Pomanto mengerahkan 28 unit pemadam kebakaran melakukan atraksi di Anjungan Pantai Losari.

28 unit armada pemadam yang baru ini dibeli oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar senilai Rp 34 miliar sudah disiagakan di Anjungan Pantai Losari. Di mana 28 unit armada pemadam kebakaran itu akan menyalakan sirine, menyemprotkan air, lampu sorot dan sekaligus dijadikan panggung perayaan malam pergantian tahun.

Danny mengerahkan armada pemadam kebakaran untuk dijadikan panggung. Dengan begitu, biaya besar untuk penyediaan panggung dapat ditekan.

"Kenapa harus bayar panggung, lebih bagus mobil armada pemadam kebakaran dijadikan panggung. Biaya tidak ada dan bisa banyak fungsinya. Mobil armada ini bisa atraksi dengan menyemprotkan air dengan jarak tinggi, menyalakan sirine saat detik-detik pergantian tahun, ada lampu sorotnya lagi," katanya.

Danny menambahkan, 28 armada pemadam kebakaran ini akan diuji coba. Dimana selama 10 tahun Pemkot Makassar baru kali ini mengadakan armada pemadam kebakaran yang baru.

"Sekalian ini kita melantik 284 orang anggota Bantuan Laskar Kebakaran (Balakar) yang tersebar di seluruh kelurahan Kota Makassar. Inilah juga kita selesaikan persoalan kota Makassar yang sering terjadi kebakaran," tuturnya.

Selain atraksi armada pemadam kebakaran, akan banyak kegiatan perayaan pergantian tahun di anjungan Pantai Losari, Makassar. Di sinilah tempatnya akan dipusatkan malam pergantian tahun di kota daeng.

Dari pantauan Kompas.com, sepanjang Pantai Losari saat ini diberlakukan car free day dan masyarakat mulai berdatangan. Mereka berjalan kaki ke dari batas kendaraan yang telah ditentukan. Dimana, pemerintah juga sudah menyiapkan area parkir kendaraan.

Diperkirakan, pusat perayaan malam pergantian tahun di Pantai Losari akan dipadati puluhan ribu orang dari berbagai daerah di Sulsel, termasuk Kota Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com