Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha Aparat TNI-Polri Berhasil, Kabut Asap Berkurang di Ogan Ilir

Kompas.com - 16/09/2015, 09:48 WIB
Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria

Penulis

OGAN ILIR, KOMPAS.com - Upaya pemadaman kebakaran lahan gambut dan hutan di Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Ogan Ilir oleh personel TNI dan Polri terlihat mulai membuahkan hasil. 

Buktinya, sejak Rabu (16/9/2015) pagi, kabut asap mulai menipis di wilayah Ogan Ilir. Padahal, baru beberapa hari lalu kabut asapsangat tebal menyelimuti wilayah itu.

Di Kampus Unsri Indralaya Ogan Ilir, misalnya. Beberapa hari lalu, gedung-gedung besar di dalam kampus tersebut hanya terlihat samar, bahkan nyaris tak terlihat. Namun hari ini, terlihat jelas, meski masih ada sedikit kabut asap.

Jalan -jalan di dalam kampus Unsri juga relatif bersih dari asap. Kalaupun ada, sudah sangat tipis dan tidak menganggu mahasiswa yang datang ke kampus.

Kondisi yang sama juga terlihat di jalan lintas timur (jalintim) Palembang-Indralaya Ogan Ilir. Jika beberapa hari lalu kabut asap sangat tebal menutup jalan, dengan jarak pandang kurang dari lima meter, hari ini relatif lebih bersih dan terang.  Pengendara pun lebih aman nyaman mengemudikan kendaraannya.

Ahmad Kusnadi, warga Indralaya Ogan Ilir yang setiap hari mengantar anaknya pergi ke sekolah dengan sepeda motor, merasa senang dengan kondisi ini. “Alhamdulillah, hari ini kabut asap sudah agak berkurang dibanding beberapa hari belakangan ini. Saya setiap pagi mengantar anak ke sekolah, dan tahu betul kondisi kabut asap yang sangat tebal di sini,” kata Kusnadi

Kusnadi berharap Pemerintah semakin keras melakukan upaya pengedalian kabut asap, sebab keadaan ini sangat berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat. “Anak saya ini beberapa hari lalu sampai sakit akibat terlalu banyak menghirup kabut asap,” kata Kusnadi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com