Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Meninggal, Lanny Jaya Berstatus Darurat Bencana

Kompas.com - 17/07/2015, 06:40 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com – Bupati Kabupaten Lanny Jaya, Befa Jigibalom akhirnya menetapkan status darurat bencana di Kabupaten Lanny Jaya menyusul cuaca ekstrem yang melanda tiga distrik yang mengakibatkan 11 orang meninggal dunia.

Befa mengaku sudah mengeluarkan SK Bupati yang menyatakan keadaan darurat di Kabupaten Lanny Jaya dan meminta bantuan untuk menyelamatkan kurang lebih 22.000 jiwa penduduk yang mendiami 26 kampung di tiga distrik rawan pangan dalam kondisi dingin dan mulai terserang penyakit.

Dari 11 orang yang meninggal dunia akibat bencana ini adalah anak-anak dan kaum lanjut usia. Mereka menderita diare di tengah kondisi cuaca dingin.

"Persediaan bahan makanan di Tiom cukup untuk membantu masyarakat di tiga distrik itu. Namun kami tetap membutuhkan bantuan karena warga yang terkena bencana tak punya cadangan makanan hingga beberapa bulan ke depan. Cuaca ekstrem yang terjadi mengakibatkan tanaman dan hewan ternak milik warga mati,” jelas Befa di Jayapura, Kamis (17/7/2015).

Menurut Befa, bencana yang terjadi di Distrik Kuyawage, Goa Balim dan Wano Barat merupakan fenomena lima tahunan dan kondisi yang seperti sekarang ini terjadi 9 tahun lalu. Sebelum bencana ini terjadi, sekitar sebulan lebih di wilayah tersebut tidak turun hujan.

“Pada malam hari suhu sangat dingin dan tertutup kabut tebal. Pada pagi hari terlihat embun putih yang menempel di tanaman. Embun putih yang menetes seperti minyak ini membuat tanaman kering dan saat turun hujan semua tanaman akan membusuk dan akhirnya mati,” jelasnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com