Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Terminal Teluk Lamong, JK Serius Dengar Paparan Pelindo III

Kompas.com - 06/12/2014, 08:49 WIB
Suhartono

Penulis

Sumber KOMPAS
LAMONGAN, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sabtu (6/12) pagi, dengan serius mendengarkan paparan dari Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto tentang tahapan pengujian peralatan dan fasilitas di Terminal Peti Kemas Teluk Lamong, Jawa Timur.
 
Sesekali, Kalla yang menjadi pengusaha sejak muda itu mengajukan pertanyaan teknis atau memberikan komentar terkait fungsi dan mekanisme fasilitas dan pengelolaan.

"Kalau yang itu apa?" tanyanya seraya menunjuk sejumlah peralatan di ujung dermaga terminal yang pada 5 September lalu diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono lewat video conference di Istana Negara, Jakarta.
 
Kunjungan Kalla ke Terminal Teluk Lamong dilakukan dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dilakukan sejak Kamis (4/12/2014) lalu.
 
Menurut Djarwo, peralatan di terminal tersebut masih dalam tahap pengujian (commisioning test) sebelum benar-benar penuh digunakan.

"Hingga saat ini, kapal pengangkut barang untuk ekspor impor masih zero. Nanti, kalau sudah selesai pengujian, kapal-kapal tersebut baru masuk," ujarnya.
 
Djarwo menambahkan, kapasitas terminal Teluk Lamong ini nantinya sampai 5 juta teus. Sekarang ini baru 1,5 juta teus peti kemas yang disimpan.
 
Terkait lahan terminal, Djarwo menyebutkan izin yang diberikan oleh Gubernur Jatim waktu itu, Imam Utomo, sebesar 30 hektar.

"Total luas lahan terminal ini sekarang 380 ha, sebanyak 280 ha lainnya digunakan untuk penunjang dan 100 ha untuk dermaganya," lanjutnya.
 
Wakil Gubernur Jatim Syafiullah Jusuf mengatakan, kelebihan dari terminal Teluk Lamong adalah lahannya tidak pakai pembebasan tanah karena hanya reklamasi saja.

"Tetapi, ini, kan, tetap saja menumpang (di atas laut)," timpal Kalla.
 
Dalam catatan Djarwo, dari 380 hektar, tercatat baru 40 hektar yang digunakan untuk operasional.

Selain Wagub Jatim, hadir pula Menko Perekonomian Sofyan Djalil dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, ekonom dan pengusaha Tanri Abeng serta staf khusus wapres bidang ekonomi Tirta Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com