Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratna Rahayu, Lurah Cantik dari Sadang Serang

Kompas.com - 25/08/2014, 14:58 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, dapat dikatakan beruntung memiliki sosok lurah cantik bernama Ratna Rahayu Pitriyati (31). Selain berparas ayu, Ratna—panggilan akrabnya—juga dinilai sebagai sosok yang pintar dan bekerja keras.

Kecantikan Lurah Ratna diakui oleh bawahannya, Nia Surtikanti, yang menjabat sebagai Kasie Pemerintahan Kelurahan Sadang Serang. "Mungkin tidak ada kelurahan lain yang punya lurah secantik ini. Selama saya bekerja di kelurahan, baru kali ini saya beruntung punya lurah secantik ini," kata Nia saat ditemui di Kelurahan Sadang Serang, Senin (25/8/2014).

Sebagai salah satu orang yang paling lama bekerja di Kelurahan Sadang Serang, Nia mengaku banyak perubahan yang dirasakan sejak kedatangan Lurah Ratna setahun lalu. "Saya merasakan banyak perubahan. Dari semua lurah, baru sekarang saya merasa lebih hidup, lebih terasa berfungsi dan benar-benar kerja. Tapi, saya juga merasa nyaman karena ada sisi kekeluargaan," ungkapnya.

Lurah Ratna merasa tersanjung ketika dirinya dikatakan cantik. Meski demikian, dia memang mengakui kalau tampil menarik adalah salah satu poin penting dalam memberikan pelayanan kepada warga.

Dia pun meminta kepada semua staf kelurahan untuk tampil cantik dan rapi. "Harus keren, kenapa? karena nanti kalau pegawai kelurahan tidak menarik, warga makin malas datang ke kelurahan," ujar Ratna.

Selain soal penampilan staf kelurahan, pelayanan lain yang diberikan oleh lurah cantik ini adalah keramahan. Tidak boleh ada satu pun staf yang memberikan pelayanan dengan sikap "jutek"

"Di ruang pelayanan, saya pasang foto semua staf kelurahan. Kalau ada yang merasa dikecewakan, tinggal tunjuk saja orangnya," ujar dia. "Pesan dari Wali Kota juga tidak boleh ada pelayanan yang berbelit dan zero complain. Maka dari itu, semua staf wajib berdandan dan rapi. Kalau keren dan oke, kita juga melayani masyarakatnya pede," kata Ratna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com