Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim Menang, Cagub Lampung Ini Potong Tumpeng di Hotel Mewah

Kompas.com - 10/04/2014, 23:10 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Dinyatakan unggul dalam hitung cepat lembaga survei, dua pasangan calon Gubernur Lampung mengklaim memenangkan Pemilihan Gubernur Lampung yang dihelat bersamaan dengan Pemilihan Legislatif pada 9 April lalu.

Pasangan nomor urut 2, Ridho Ficardo-Bakhtiar, misalnya, mengklaim menang dan merayakannya dengan memotong nasi tumpeng di sebuah hotel mewah di Lampung, Kamis (10/4/2014).

Tim sukses pemenangan pasangan Ridho Ficardo-Bakhtiar, Hanan Razak menyatakan, pihaknya menggunakan dua lembaga survei untuk hitung cepat perolehan suara Pilgub Lampung, yakni Logis dan Saifulmujani. Dari 11 kabupaten dan kota se-Lampung, menurut Hanan melansir dua survei tersebut, pasangan Ridho-Bakhtiar meraih suara 43,66 persen - 43,26 persen.

Pasangan ini mengungguli Cagub dan Cawagub Herman HN-Zainuddin Hasan yang mendapat 32,94 persen - 30,91 persen, disusul Berlian Tihang-Mukhlis Basri 15,7 persen - 13,02 persen serta Alzier Dianis Tabrani-Lukman Hakim meraih suara 7,7 persen - 6,71 persen.

Menurut Hanan Razak dalam konferensi persnya Kamis malam (10/4/2014), hasil survei dua lembaga tersebut sesuai metodologi ilmiah dengan sampel 300 TPS di 11 kota/kabupaten di Lampung, dengan tingkat kesalahan 1 hingga 2 persen.

"Kami optimis, kemenangan ini nantinya tidak akan jauh berbeda dengan penghitungan KPU," kata Hasan.

Selain pasangan Ridho dan Bakhtiar, pasangam Herman HN dan Zainuddin juga mengklaim menang sekali putaran.

"Kami sebenarnya lebih percaya dengan penghitungan KPU sesuai dengan UU tapi kami memiliki relawan yang bergerak dan sampai pukul 17.00 WIB tadi pasangan gubernur kami menang dengan perolehan suara sekitar 43 persen," kata Tim Pemenangan Herman HN-Zainuddin, Agus BN saat dikonfirmasi.

Agus mengklaim perolehan suara tersebut berdasarkan hasil hitung cepat Lembaga Pusat Studi Kebijakan Publik (Pussbik). Pussbik menyatakan, dari total suara masuk 1.235.792, pasangan Herman HN-Zainuddin Hasan meraih 43 persen (535.604) suara, disusul Ridho-Bakhtiar 37 persen (458.320) suara. Selanjutnya pasangan Berlian Tihang-Mukhlis Basri 13 persen (165.260) suara dan Alzier Dianis Tabrani-Lukman Hakim 6 persen (79.190) suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com