Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Tolak Visum Korban Tewas di Gunung Semeru

Kompas.com - 27/12/2013, 11:33 WIB
LUMAJANG, KOMPAS.com - Keluarga Endang Hidayat (53) pendaki yang tewas di Gunung Semeru, Rabu (25/12/2013), menolak visum untuk almarhum. Korban sudah dapat dibawa turun dari pos dua Gunung Semeru pada Kamis (26/12/2013) dini hari dan segera diterbangkan ke rumah duka.

Korban beralamat di Jalan Carita C Nomor 199 Blok VII RT 006/RW 008, Sepanjang Jaya Rawa Lumbu, Bekasi, Jawa Barat. "Pendaki itu meninggal di Watu Rejeng pada Rabu (25/12/2013) malam," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ayu Dewi Utari saat dihubungi dari Lumajang, Jawa Timur, Kamis.

Menurut Ayu, Endang mendaki gunung berketinggian 3.676 meter dari permukaan laut itu bersama anaknya, Danu Swandana, dalam rombongan 10 orang. "Anak korban turun ke Pos Ranu Pane untuk memberitahu petugas TNBTS bahwa ayahnya sakit dan kondisinya kritis di Watu Rejeng," kata Ayu.

Namun saat petugas sampai di Watu Rejeng, korban sudah meninggal. Tim yang semula berangkat untuk melakukan upaya pertolongan, kemudian mengevakuasi jenazah Endang ke Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Malang, Jwa Timur, untuk proses visum.

"Korban sudah dievakuasi di RSSA Malang pada Kamis pukul 01.00 WIB, namun keluarga keberatan untuk visum dan pihak keluarga sudah membawa jenazah korban untuk diterbangkan ke Jakarta," papar Ayu.

Berdasarkan keterangan Danu, kata Ayu, Endang diduga kelelahan dan memicu serangan jantung. Dengan kejadian ini, Ayu mengimbau para pendaki tak memaksakan diri bila kondisinya tak prima.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com