Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cari Dua Pendaki yang Hilang, Gunung Semeru Ditutup

Kompas.com - 08/11/2013, 14:52 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis


MALANG, KOMPAS.com
 — Jalur pendakian ke Gunung Semeru, Jumat (8/11/2013), dinyatakan tertutup untuk pendakian. Penutupan tersebut dilakukan terkait dengan upaya pencarian dua pendaki asal Jakarta yang dilaporkan hilang antara Cemoro Tunggal dan Arcopodo.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Ayu Dewi Utari, dua pendaki itu diduga mengalami disorientasi medan.

Seperti yang telah diberitakan, Aziz Fiadhi, warga Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, dan Muhammad Rifki Perdana, Cipayung, Jakarta Timur, hingga kini belum ditemukan.

Menurut Ayu, pada umumnya para pendaki memang sering tersesat saat turun dari Cemoro Tunggal. "Seharusnya lurus, biasanya pendaki malah belok kanan ke arah blank 75," kata Ayu, Jumat (8/11/2013).

Menurut Ayu, petugas TNBTS dan aparat terkait sudah melakukan pencarian sejak pagi tadi. "Sekarang sepertinya sudah mencapai lokasi untuk mencari survivor. Tapi kita belum dapat laporan terbarunya," kata Ayu.

Jika sampai Sabtu (9/11/2013) belum ditemukan, maka TNBTS akan menggelar SAR terbuka untuk mencari kedua pendaki tersebut. "Tapi semoga bisa segera ditemukan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com