Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengunjung Kedapatan Bawa Ganja dari Lapas Singkawang

Kompas.com - 16/09/2013, 21:52 WIB
Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

SINGKAWANG, KOMPAS.com - Petugas Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas IIB Singkawang menangkap seorang pengunjung yang kedapatan membawa ganja saat keluar dari lapas seusai menjenguk temannya, Jumat (6/9/2013).

Pengunjung berinisial AM ditangkap sesaat setelah mengeluarkan karcis pengambilan telepon selular (ponsel) dari dalam sakunya di Lapas Kelas IIB Singkawang, Kaliamantan Barat.

Ketika dikonfirmasi, kepala Lapas Kelas IIB Singkawang, Setia Budi Irianto membenarkan penangkapan tersebut. Kepada wartawan, Budi menjelaskan, pihak Lapas sudah menyerahkan pengunjung tersebut kepada Polres Singkawang.

“Setelah ditangkap, terus diserahkan ke Polres Singkawang. Itu sebelum pihak Lapas dan Polres menandatangani kesepakatan (MoU) di Polres kemarin. Jadi, sebelum MoU tersebut, kita sudah laksanakan isinya," kata Budi, Senin (16/9/2013).

Sebelumnya diberitakan bahwa Polres Singkawang bersama Lapas Kelas IIB Singkawang mengadakan penandatangan kesepakatan bersama (MoU) pengamanan dan penanganan warga binaan lapas, yang diselenggarakan di aula Polres Singkawang, Jumat (13/9/2013). Kesepakatan itu berisi komitmen bersama memberantas dan menekan peredaran narkoba di Kota Singkawang.

Kepala KPLP, Varianto menjelaskan, peristiwa penangkapan pengunjung itu berawal dari adanya kecurigaan petugas KPLP kepada salah satu pengunjung lapas. Petugas curiga karena gerak-geriknya yang petantang petenteng dan menggunakan kacamata hitam yang tidak mau dilepas.

“Kecurigaan kita ternyata benar. Waktu masuk, kita periksa dia bersih, tidak bawa ganja, waktu keluar, kita periksa lagi dia. Pas waktu dia mau ngambil karcis, ada bungkusan kecil dari koran ikut jatuh waktu dia keluarkan tangannya dari saku. Setelah kita buka, ternyata isinya ganja”, kata Varianto.

Varianto juga menyebutkan bahwa pengunjung tersebut sempat mengelak dan tidak mengakui ganja tersebut miliknya. Pengunjung tersebut mengujungi temannya di dalam lapas yang ditahan karena kasus narkoba.

“Waktu kita tanya, dia bilang tidak tahu, mungkin ada yang sengaja memasukkan barang itu ke dalam sakunya. Dia itu keluar dari dalam lapas, bukan baru turun dari bus, mana percaya kita kalau barang tersebut datang dengan sendirinya," kata Varianto.

Varianto mengakui belum mengetahui darimana barang itu berasal. Dia menyebutkan jika barang tersebut bisa saja dilemparkan seseorang dari luar tembok lapas, bisa dari pengujung yang datang, atau dari oknum Lapas Sendiri. Selanjutnya pihak KPLP menyerahkan pengunjung tersebut kepada Polres Singkawang untuk diproses lebih lanjut.

Di tempat terpisah, Kasat Narkoba Polres Singkawang, Iptu Prayitno belum bisa memberikan keterangan kepada wartawan terkait kasus tersebut. Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian mengenai penyerahan pengunjung yang membawa ganja tersebut dari Lapas kepada pihak kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com