Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

350 Pelajar Korban Gunung Rokatenda Belum Bersekolah

Kompas.com - 19/08/2013, 17:46 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


MAUMERE, KOMPAS.com - Hingga Senin (19/8/2013), lebih dari 350 pelajar yang bersekolah di sekitar wilayah zona merah Gunung Rokatenda, Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), belum berkegiatan belajar mengajar (KBM) di tempat pengungsian.

Pelaksana tugas (Plt), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka, Eduardus Desa Pante kepada Kompas.com, mengatakan mereka merupakan siswa SMP Negeri 1 Palue, SD Katolik Rokirole, SD Katolik Taulo, SD Katolik Nitung, SD Katolik Awa, SD Negeri Oka, dan SD Katolik Tujuwonga.

Eduardus menjelaskan, pihaknya kini masih berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Sikka.

“Untuk anak sekolah diperlakukan khusus. Mereka akan dipindahkan sekalian dengan guru-gurunya. Mereka tidak bisa dititip pada sekolah-sekolah yang ada di Maumere, karena keterbatasan bangku dan alat peraga. Selain itu BPBD sudah mengajukan permohonan bantuan tenda sekolah kepada BNPB,” kata Eduardus.

Menurut Eduardus, sesuai rencana besok Selasa (20/8/2013) proses KBM mulai berlangsung di gedung SMEA Yohanes XXIII, sementara untuk Pendidkan Anak Usia Dini (PAUD), dilaksanakan di kemah pengungsian.

“Hari ini Kepala Dinas PPO Sikka akan panggil para guru dari Kecamatan Palue, dari desa yang warganya telah mengungsi untuk diberikan arahan,” jelas Eduardus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com