Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Sita Senjata Api Rakitan OPM di Maybrat, Sempat Baku Tembak

Kompas.com - 23/06/2024, 18:04 WIB
Maichel,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SORONG, KOMPAS.com - Kontak tembak antara Pasukan TNI Satuan Tugas Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) kembali terjadi di Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, Sabtu ( 22/6/2024).

Kontak tembak terjadi sekitar pukul 13.00 WIT. Dalam kontak tembak tersebut pasukan Yudha Sakti berhasil menguasai markas OPM dan menyita berbagai barang bukti.

Mulai dari 1 pucuk sejata api (senpi) rakitan, 4 butir munisi tajam Kaliber 5.56, 1 buah selongsong, 1 buah magazen, 1 bendera Bintang Kejora, 2 solar sel, 1 android, 1 ponsel poliponik, 1 HT dan charger, 3 pilok, 8 senter, 1 peluit, belasan baterai, 1 power sel, berbagai macam dokumen kwitansi.

Baca juga: Bantah Pelajar Tewas Dianiaya TNI, Kodam:Sebut Korban Jatuh dari Rel

Kemudian , beberapa lembar jimat, belasan busur dan anak panah, bahan makanan, serta berbagai macam atribut OPM.

Komandan Satgas Yonif 133/YS Letkol Inf Andhika Ganessakti mengatakan, kejadian berawal ketika Tim Mobile Sakti melakukan patroli dan menemukan markas OPM.

Saat hendak menyergap  markas OPM, tiba-tiba terlihat 4 orang OPM yang membawa 3 senjata rakitan berlarian sambil menembak ke arah Tim Mobile Sakti 3.

Baca juga: Kontak Tembak TNI dan OPM Pimpinan Kalenak Murib di Puncak

"Iya sehingga terjadilah kontak tembak. Pada saat terjadi kontak tembak, salah seorang dari kelompok OPM di pastikan terkena tembakan dari pasukan Yudha Sakti. Hal tersebut dibuktikan dari temuan bercak darah yang tercecer di TKP namun berhasil melarikan diri," tutur Andhika.

Pihak TNI memastikan sebagian besar persenjataan kelompok OPM  di wilayah Sorong Raya menggunakan senjata api rakitan.

Keberhasilan para Pasukan Yudha Sakti kali ini merupakan keberhasilan yang dibilang cukup istimewa karena sukses mengamankan 1 pucuk senjata api rakitan berikut magazen dan munisinya.

Andhikamengungkapkan, keberhasilan anggotanya ini merupakan bukti keseriusan dan komitmen Satgas Yonif 133/YS dalam menjalankan tugas dan amanah yang diberikan negara untuk menumpas OPM di Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com