Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPRD Seluma Bengkulu Demo Dewan Lainnya yang "Malas"

Kompas.com - 28/03/2024, 15:12 WIB
Firmansyah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Dirhan Joyo, Anggota DPRD Kabupaten Seluma, Bengkulu, berunjuk rasa membakar sejumlah berkas di halaman gedung dewan tempat dia bekerja, Rabu (27/4/2024).

Aksi unjuk rasa itu dilakukannya sebagai protes kepada anggota dewan yang dinilainya tidak produktif, jarang masuk kantor, rapat sering molor, dan lainnya.

Demo Dirhan ini diunggah di media sosial jenis Facebook miliknya Dirhan Joyo. Spontan saja unggahan itu mendapat respons masyarakat.

Baca juga: Di Hadapan DPRD, Mbak Ita Paparkan Sejumlah Prestasi Pemkot Semarang Sepanjang 2023

Saat dihubungi kompas.com, Kamis (28/4/2024), membenarkan aksi itu dilakukannya sendiri atas kekesalannya terhadap sesama koleganya anggota dewan lain yang ia anggap malas berkantor berakibat pada terganggunya rapat-rapat di dewan.

"Ini sebenarnya sudah tiga kali aksi saya gelar sebelumnya saya pernah menyegel ruang rapat dewan dengan tulisan 'DPRD sepi, tak berpenghuni' terakhir aksi bakar berkas ini saya lakukan," ujar Dirhan saat dihubungi melalui telepon.

Baca juga: 4 Caleg DPRD Klaten dari PDI-P Bantah Mengundurkan Diri

Ia mengaku kesal banyak koleganya sesama anggota dewan malas ngantor, sehingga mengganggu rapat-rapat menjadi molor.

"Rapat-rapat penting jadi molor serta tertunda karena banyak yang malas berkantor. Ini masalah besar. Sesama dewan jarang kumpul koordinasi membahas masalah warga atau daerah," ujarnya.

Kekecewaan Dirhan semakin tinggi karena selama 5 tahun menjabat DPRD Seluma belum pernah menelurkan perda inisiatif dewan. Bila ada produk Perda itu atas inisiatif eksekutif.

"Perda inisiatif dewan belum ada," ujar Dirhan.

Dirhan berharap, anggota DPRD terpilih mendatang lebih aktif dan cepat merespons kebutuhan masyarakat.

Dirhan Joyo merupakan anggota DPRD Seluma 2 periode dari Partai Demokrat. Pada Pemilu 2024, Dirhan gagal meraih kursi DPRD meski perolehan suara per orangnya mencapai 1.600 suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com