Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Deretan Desainer Lokal Unjuk Gigi pada Fashion Show F8 Makassar

Kompas.com - 25/08/2023, 21:33 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Makassar International Eight Festival and Forum (F8) tahun ini telah memasuki hari kedua, Kamis (24/08/2023).

Sejumlah desainer busana lokal pun unjuk gigi menampilkan rancangan-rancangan mereka di harapan audiens.

Ragam desain busana ditampilkan, mulai dari busana pesta hingga blazer bernuansa merah muda dan maroon dari paduan jenis kain silk dan warna serupa. 

Adapun desainer-desainer lokal yang hadir pada hari kedua, yakni desainer dari Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ida Jashari dan Eiwa, desainer dari APPMI Sulawesi Selatan (Sulsel), yaitu Haruka by Ningning, serta desainer baju pengantin Harfi Melati.

Baca juga: Australia Berpartisipasi di Makassar F8, Konjen Australia: Saya Bangga Bisa Hadir di Sini

Busana pesta khas Bugis juga ditampilkan dengan kekhasan kain batik lontara yang dijadikan rok lilit modern selutut. Desain ini lantas disambut tepuk tangan riuh dari para penonton.

Selain itu, ditampilkan pula ragam baju pengantin, baju bodo modern, dan baju pesta. 

Pada kesempatan itu, desainer ternama asal Malaysia, Even Ong dari AFDS turut hadir meramaikan. Ia adalah desainer yang merancang pakaian wanita dengan model kasual dan elegan. 

Even Ong menampilkan 12 desain busana womenswear berwarna hitam putih yang dikenakan oleh 12 model. Penampilan desainer asal negara tetangga ini sekaligus menjadi penutup acara fashion show hari ini. 

Sebagai penutup, Miss Universe Laos Christina Lasasimma tampil menjadi model fashion menggunakan dress corak bunga simpel selutut dari Even Ong.

Baca juga: Beredar Video Oknum Polisi di Makassar Akui Aniaya Darmawan hingga Tewas, Propam Polda Sulsel: Kita Dalami

Sebelumnya, Chiristina juga telah tampil menggunakan desain busana desainer asal Singapura, Haiden, saat pembukaan Makassar F8 Festival, Rabu (23/08/2023).

Selain Christina, para model tampil mengenakan busana fashionista yang senada dengan model lain yaitu putih dan gelap. Mereka memadukan warna gelap dan terang ditambah beberapa aksesoris kaca mata, topi, dan sepatu putih.

Wali Kota (Walkot) Makassar Danny Pomanto berharap, event berskala internasional itu bisa mengenalkan Kota Makassar kepada dunia.

“Tahun ini kebanggan bagi kita karena banyak dari negara-negara yang berpartisipasi dalam acara Festival F8 ini. Kami harap (F8) menjadi kebudayaan yang mengglobal,” harap Danny.

Baca juga: Tidak Lulus Perguruan Tinggi, Wanita di Makassar Diamankan Usai Tipu Mahasiswa Lain, Modus Pura-pura Akrab

Untuk diketahui, F8 Makassar adalah salah satu event seni dan budaya tahunan berskala internasional yang digelar di Kota Makassar. Pelaksanaannya berlangsung selama lima hari, yakni pada 23-27 Agustus 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com