Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Australia Berpartisipasi di Makassar F8, Konjen Australia: Saya Bangga Bisa Hadir di Sini

Kompas.com - 25/08/2023, 21:20 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com - Konsulat Jenderal (Konjen) Australia Todd Dias mengungkapkan kebanggaannya usai negerinya terlibat dan berpartisipasi dalam pagelaran Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau Makassar F8.

Hal itu diungkapkan Todd Dias sesaat sebelum mengikuti nonton bareng film "Freeman" bersama Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, serta warga Makassar di Zona 1 Makassar F8, Kamis (24/8/2023).

"Saya baru tujuh pekan di Makassar dan Makassar sangat luar biasa. Saya sangat bangga sebagai Konjen bisa hadir di F8," ucap Dias dalam siaran persnya, Jumat (25/8/2023).

Pada kesempatan itu, Dias mengungkapkan bahwa pada pagelaran Makassar F8 kali ini, Australia bergabung dalam dua sub sektor, yakni film dan food atau makanan.

Pada sub sektor film, Australia menggelar nonton bareng film "Freeman". Film yang mengisahkan tentang perjuangan, tekad dan kemenangan Cathy Freeman.

""Saya juga sangat bangga kita akan menonton bersama film dokumenter tentang Cathy Freeman. Cathy adalah orang yang inspiratif," kata Dias.

Baca juga: Makassar F8 Dibuka, Atraksi Flypass TNI AU Pukau Walkot Denny dan Masyarakat

Untuk diketahui, Cathy Freeman adalah penduduk asli wanita Australia pertama yang memenangkan medali emas pada Olimpiade 1990 saat berusia 16 tahun.

"Warga Australia mendukung Cathy Freeman karena dia orang asli Aborigin. Setelah Cathy Freeman menang medali emas di Olimpiade, dia jadi orang inspiratif untuk perempuan dan anak untuk ikut olahraga apapun," tutur Dias.

Pada sub sektor food, Dias memperkenalkan salah satu makanan khas Australia, yakni Lamington.

Lamington merupakan salah kue tradisional Australia yang terkenal. Kudapan ini terbuat dari kue vanila yang dicelupkan ke dalam cokelat serta ditaburi kelapa kering.

Kue ini pun turut disajikan sebagai cemilan saat momen nonton bareng dilangsungkan. Warga Makassar yang hadir pun berkesempatan untuk mencicipi langsung kue yang dibuat sendiri oleh Dias.

"Lamington ini adalah kue istimewa dari Australia. Mudah-mudahan warga Makassar suka dengan Lamington a la Konjen ini," sebutnya.

Baca juga: Kembali Digelar, Makassar F8 Dapat Banyak Dukungan dari 10 Negara Sahabat

Dias menyebut, ini merupakan kali pertama dirinya hadir secara langsung dalam pagelaran Makassar F8.

Dia mengungkapkan kekagumannya kepada Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto yang mampu menghadirkan festival internasional untuk dinikmati seluruh warga.

"Di sini juga ada tokoh inspiratif yaitu Bapak Wali Kota. Ini pertama kali saya ikut F8 dan sangat luar biasa. Saya tahu Danny Pomanto bukan hanya tentang F8, tapi dia banyak bekerja untuk membuat kota ini melaju," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com