Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Rayakan HUT Ke-128, Bupati Tamba Ajak Masyarakat Bersatu Wujudkan Jembrana Emas 2026

Kompas.com - 16/08/2023, 18:52 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-128 tahun Kabupaten Jembrana di Stage Pura Jagatnatha, Selasa (15/8/2023).

Rangkaian acara peringatan HUT Ke-128 Kabupaten Jembrana, mulai dari pertunjukan seni budaya, olahraga, hingga kegiatan sosial, sudah dilaksanakan sejak Jumat (4/8/2023).

Pada tahun ini, perayaan mengambil tema “Segara Kerthi”. Tema ini memiliki makna samudra sebagai sumber kehidupan dan kebahagiaan.

Pemilihan tema tersebut juga merupakan bagian dari misi Pemkab Jembrana, yakni "Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana".

Pada perayaan tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengajak seluruh komponen warga Jembrana untuk bersatu menyambut Jembrana Emas 2026.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan seluruh masyarakat dalam mewujudkan berbagai program serta kebijakan guna mewujudkan Jembrana yang semakin baik. Untuk mewujudkan hal itu, Tamba meminta seluruh unsur untuk bekerja sama.

Baca juga: Bupati Tamba Sebut Pameran IKM dan UMKM Jembrana 2023 sebagai Pelatihan Sambut “Jembrana Emas 2026”

"Mari kita bersatu, seluruhnya kompak. Satukan tekad menuju Jembrana Emas 2026," ujar Tamba dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (16/8/2023).

Bupati melanjutkan bahwa visi Menyongsong Jembrana Emas perlu disiapkan dari sekarang, terutama dari aspek sumber daya manusia (SDM). Hal ini bertujuan supaya masyarakat Jembrana bisa menjadi pelaku, bukan penonton.

“Saat ini, kami membutuhkan perbaikan SDM. Percayalah, hari ini ayo bangkit. Saya berharap, seluruh rumah tangga masyarakat Jembrana punya pekerjaan dan penghasilan pada 2026,” ujarnya.

Tamba pun mencontohkan komoditas cokelat atau kakao dari Jembrana yang sudah dikenal baik. Dengan pembangunan Rumah Produksi Bersama Kakao, masyarakat dapat meningkatkan produksi kakao Jembrana sebagai olahan cokelat yang memiliki nilai jual tinggi.

Dengan fokus mengharap sektor hilir cokelat, Jembrana pun tak lagi menjadi penyedia kakao.

"Tahun ini, kita bangun Factory Sharing Kakao Jembrana. Astungkara, tahun depan kita sudah bukan menjual biji kakao lagi, tetapi olahan cokelat. Itu akan memberikan kesejahteraan bagi seluruh petani kakao di Jembrana," tuturnya.

Hilirisasi kakao juga menjadi bagian dari branding Jembrana sebagai “Kota Cokelat”. Hal ini pun sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan setiap kota memiliki city branding.

Guna mewujudkan visi tersebut, Pemkab Jembrana telah melakukan berbagai pembangunan infrastruktur. Upaya ini dapat menjadi salah satu indikator Jembrana Emas dapat terwujud.

Pembangunan berbagai fasilitas tersebut mulai dibangun pada 2023. Selain Factory Sharing Kakao, Pemkab Jembrana juga merevitalisasi pelabuhan perikanan Pengambengan, pelabuhan penyeberangan Gilimanuk, Pasar Umum Negara, serta pembangunan Taman Kerthi Bali Semesta.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com