Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Ikuti Pawai Medan Colorful Carnival, Bobby dan Kahiyang Tampil Kenakan Pakaian Adat Simalungun

Kompas.com - 09/07/2023, 11:28 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan Kahiyang Ayu menghadiri Colorful Medan Carnival, Sabtu (8/7/2023). Acara ini digelar untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-433 Kota Medan.

Pada kesempatan itu, Bobby dan Kahiyang terlihat mengenakan baju adat Simalungun. Menurut Bobby, masyarakat Simalungun telah berperan penting terhadap pembangunan di Kota Medan.

Ia menerangkan, Medan Colorful Carnival dimaksudkan untuk menunjukkan keberagaman etnis dan budaya di Kota Medan sekaligus menggerakan ekonomi masyarakat.

"Sehingga tidak hanya orang Medan aja yang tahu, tapi seluruh Indonesia harus juga tahu bahwa Kota Medan memiliki ragam etnis dan budaya yang dapat dijadikan potensi penggerak ekonomi," kata Bobby, dikutip dari keterangan persnya, Minggu (9/7/2023).

Baca juga: Bobby Nasution Minta Polisi Tindak Tegas Begal: Tembak Mati

Adapun pawai tersebut berlangsung meriah. Bobby dan Kahiyang berada di barisan depan, diikuti Wakil Wali Kota (Wawalkot) Medan Aulia Rachman dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Medan Hasyim.

Kemudian, ada Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan Muhammad Nursyam serta Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Medan Arman Chandra.

Ada pula barisan 21 camat se-Kota Medan. Mereka hadir dengan menggunakan pakaian adat dari berbagai etnis di Kota Medan.

Walkot Medan Bobby Nasution dan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu mengikuti pawai Medan Colorful Carnival, Sabtu (8/7/2023).DOK. Pemkot Medan Walkot Medan Bobby Nasution dan Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu mengikuti pawai Medan Colorful Carnival, Sabtu (8/7/2023).

Pawai dimulai di depan Hotel Adi Mulia di Jalan Diponegoro dan finis di Lapangan Banteng Medan. Acara kemudian dilanjutkan dengan custom carnival yang menggandeng seluruh etnis dari Kota Medan.

Baca juga: Bobby Undang Puluhan Influencer dan Content Creator ke Kediamannya, Bicarakan soal Apa?

Tak hanya warga Kota Medan, pawai juga diramaikan oleh sejumlah kabupaten dan kota tetangga, di antaranya Kota Binjai, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kabupaten Langkat, hingga Kabupaten Toba.

Di Lapangan Banteng, iring-iringan disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wiriya Alrahman, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ismiralda Wiriya Alrahman, serta unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) dan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Medan.

Acara kemudian ditutup dengan penampilan tari payung dan pemotongan kue ulang tahun di panggung utama di Lapangan Banteng.

Seusai acara, Bobby menuturkan, Colorful Medan Carnival menjadi salah satu hiburan rakyat karena menghadirkan artis-artis Ibu Kota.

Baca juga: Ketua Kadin Sumut Sebut Kinerja Ekonomi Pemkot Medan Meningkat berkat Bobby Nasution

"Malam ini acara akan dilanjutkan dengan panggung hiburan rakyat dengan menghadirkan Godbless dan Ipank untuk menghibur masyarakat Kota Medan," tutur Bobby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com