Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Di Depan Gubernur Herman Deru, Wapres Ma'ruf Puji Keseriusan Sumsel Turunkan Angka "Stunting"

Kompas.com - 07/07/2023, 13:08 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com - Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) KH Ma'ruf Amin memuji keseriusan Sumatera Selatan (Sumsel) di bawah komando Gubernur H Herman Deru dalam menurunkan angka stunting atau tengkes.

Menurut Wapres Ma’ruf Amin, upaya penurunan angka stunting di Sumsel hingga saat ini masih dilakukan secara masif.

"Kita mengapresiasi Sumsel dan beberapa daerah lain atas capaianya dalam penurunan angka stunting ini," kata Wapres Ma'ruf Amin saat bersama Herman Deru meninjau Bedah Rumah bagi keluarga berisiko stunting di Desa Rimba Balai Kabupaten Banyuasin, Palembang, Sumsel, Kamis (6/7/2023).

Perlu diketahui, saat ini angka stunting di Sumsel sebesar 18,6 persen atau turun 6,2 persen dari dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 24,8 persen.

"Sumsel merupakan daerah terbaik dalam penurunan stunting ini sehingga angka stunting secara nasional turun sebesar 21,6 persen. Target kita pada 2024, angka stunting bisa di angka 14 persen," paparnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (7/7/2023).

Baca juga: Wapres Maruf Amin: Pernikahan Anak Jadi Pemicu Stunting

Tidak hanya itu, kata dia, angka stunting di Sumsel pada 2024 diharapkan dapat semakin turun di bawah 10 persen, yakni hingga 6 persen di semester II-2024.

Menurut Wapres, upaya penurunan stunting tersebut merupakan bagian dari komitmen untuk membentuk bangsa yang kuat.

"Kita ingin membangun bangsa kuat yang bersumber dari keluarga. Pemerataan kesejahteraan keluarga dari segala aspek menjadi tujuan kita, utamanya melalui upaya penurunan angka stunting ni," tuturnya.

Upaya itu juga, lanjut Wapres, merupakan salah satu langkah untuk menyiapkan generasi muda yang tanggung dan mampu bersaing.

Dia pun menyebutkan sudah mempersiapkan dengan baik sejumlah strategi untuk mengintervensi angka stunting.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) KH Ma'ruf Amin meninjau Bedah Rumah bagi keluarga berisiko stunting di Desa Rimba Balai, Kabupaten Banyuasin, Palembang, Sumsel, Kamis (6/7/2023).DOk. Pemprov Sumsel Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) KH Ma'ruf Amin meninjau Bedah Rumah bagi keluarga berisiko stunting di Desa Rimba Balai, Kabupaten Banyuasin, Palembang, Sumsel, Kamis (6/7/2023).

"Kita melakukan gerakan yang melibatkan semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, daerah, kemudian swasta untuk ikut bergerak. Termasuk juga perorangan hingga generasi muda," imbuhnya.

Tidak hanya itu, kata Wapres Ma'ruf Amin, pemerintah juga akan memantau penggunaan anggaran penanganan stunting di sejumlah kementerian dan lembaga. Hal ini agar penggunaan anggaran efektif dan tidak digunakan untuk keperluan lain.

Dia pun menegaskan, jika Sumsel akan menjadi percontohan dalam penurunan angka stunting di Indonesia.

"Sumsel dan beberapa daerah ini akan menjadi model dalam penurunan stunting di Indonesia ini," tegasnya.

Optimis Sumsel jadi Tuan Rumah Harganas 2023

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku optimis jika Sumsel akan menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2023. Ini mengingat Sumsel sendiri sudah berupaya maksimal dalam penurunan angka stunting atau tengkes. 

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com