Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Sebanyak 85 Walkot Se-Indonesia Akan Hadiri Rakernas XVI Apeksi di Kota Makassar

Kompas.com - 07/07/2023, 11:31 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Sampai saat ini, tercatat sudah ada 85 wali kota (walkot) yang dikonfirmasi menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Kota Makassar.

Jika ditambah dengan enam asosiasi pemerintah kota (pemkot) yang diwakili, totalnya menjadi 91 pemkot dari seluruh Indonesia. Jumlah ini bertambah dari pekan lalu yang hanya 70-an kota dari total 98 kota.

"Ada 85 wali kota yang Insya Allah hadir langsung dan ada enam yang diwakili," tutur Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah (Setda) Kota Makassar, Zulfitrah, Kamis (6/07/2023).

Zulfitrah mengatakan, Kota Medan sebagai tuan rumah siap menyambut para tamu undangan yang akan hadir. Saat ini, persiapan di Kota Medan bahkan bisa dikatakan sudah matang.

Baca juga: Jelang Rakernas APEKSI, Fatmawati Rusdi Tinjau 5 Lorong Wisata di Makassar

Pemkot Makassar, sebutnya, mengaku optimistis bahwa penyelenggaraan Rakernas XVI APEKSI akan berjalan lancar.

Terlebih, tugas pokok fungsi (tupoksi) yang harus dijalankan hanya mengikuti event nasional dan internasional seperti Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII serta Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) di Kota Makassar.

"Kami berharap kehadiran wali kota bisa terus bertambah dalam waktu-waktu yang tersisa ini," ujarnya.

Sebagai informasi, Walkot Makassar Moh Ramadhan Pomanto terus mematangkan persiapan karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikonfirmasi hadir. Dia pun mengencangkan sejumlah rapat koordinasi (rakor) untuk membahas acara akbar tersebut.

Pria yang akrab disapa Danny Pomanto itu bahkan menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bekerja secara maksimal menyukseskan Rakernas XVI Apeksi. Sebab, rakernas ini menjadi event nasional terkahir yang digelar di Kota Makassar.

Baca juga: Gencarkan Citra “Makassar Kota Makan”, Walkot Danny Ajak Apeksi Nikmati 50 Jenis Makanan Tradisional

"Ini gengsi dan legacy-nya kita. Kita sudah berhasil Otda dan MNEK. Jadi kita tidak boleh menganggap enteng Apeksi. Jadilah tuan rumah yang terbaik," harap Danny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com