Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jelang Rakernas APEKSI, Fatmawati Rusdi Tinjau 5 Lorong Wisata di Makassar

Kompas.com - 05/07/2023, 20:40 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) akan digelar di Kota Makassar pada 13 Juli 2023 mendatang.

Kota Makassar sebagai tuan rumah sudah mempersiapkan segala hal untuk menyambut seluruh peserta APEKSI.

Salah satunya, persiapan city tour Lorong Wisata. Olehnya itu, Wakil Wali Kota (Wawalkot) Makassar Fatmawati Rusdi turun langsung meninjau lorong wisata yang masuk dalam daftar kunjungan peserta.

Untuk mengecek kesiapan city tour, Fatmawati mengujungi lima Lorong Wisata. Rute pertama yang didatangi adalah Lorong Wisata Silves, Ballaparang, Kecamatan Rappocini.

Fatmawati terlihat mengagumi Lorong Wisata ini karena memiliki fasilitas lengkap, mulai dari taman bermain anak, sayuran hidroponik, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) seperti laundry, kue tradisional, paud lorong, budi daya maggot, dan minyak jelantah.

Baca juga: Biaya Hidup Korban Pemerkosaan Kakak Kandung dan Bayinya Akan Ditanggung Pemkot Makassar

Lorong Wisata kedua yang dikunjungi adalah Lorong Wisata Maastricht, Abu Bakar Lambogo, Kecamatan Makassar. Selanjutnya, Fatmawati beralih ke Lorong Wisata Lerida, Jalan Andalas, Kecamatan Bontoala.

Di Lorong Lerida Bontoala, Fatmawati juga menyempatkan meminum segelas jamu hasil ramuan dari warga lorong tersebut. Dia sangat menyukai jamu itu karena rasanya yang enak dan berkhasiat bagi tubuh.

Destinasi berikutnya adalah Lorong Wisata Taegu, Kecamatan Makassar dan Lorong Wisata Esbjerg di Jalan Batu Putih, Kecamatan Ujung Pandang.

 

Wawalkot Makassar Fatmwati Rusdi mengunjungi sejumlah Lorong Wisata di Makassar untuk mempersiapkan city tour peserta APEKSI.DOK. Pemkot Makassar Wawalkot Makassar Fatmwati Rusdi mengunjungi sejumlah Lorong Wisata di Makassar untuk mempersiapkan city tour peserta APEKSI.

“Saya hari ini keliling lorong untuk melihat kesiapan Longwis kita menyambut agenda nasional APEKSI. Kita memastikan kesiapannya utamanya UMKM-nya. Hasil pantauan ini saya akan laporkan ke Pak Wali langsung,” ucap Fatmawati melalui keterangan persnya, Rabu (5/07/2023).

Lebih lanjut, Fatmawati meminta Dinas Pertanian dan Perikanan untuk membagikan bibit cabai 5 bag per kepala keluarga (KK) di setiap kecamatan yang ditunjuk mewakili kunjungan peserta APEKSI.

Baca juga: Pemkot Makassar dan OC-Global Jepang Teken LOI untuk Kembangkan Industri Perikanan di Pulau Barrang Lompo

“Semuanya sudah siap tapi kita ini turun terus mengecek dan bersama-sama camat dan lurah memeriksa lebih rinci. Ada 14 lorong yang akan dikunjungi nanti dan tamunya nanti akan dibagi. Satu lorong satu kecamatan mewakili,” tuturnya.

Lorong-lorong tersebut telah dipilih karena memiliki potensi yang mumpuni. Saya berharap para peserta APEKSI akan terpukau melihat produktifnya lorong-lorong wisata kita, dan bisa menjadi percontohan buat kota-kota lain,” harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com