Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Dukung Majalengka Jadi Pusat Ekonomi, Ridwan Kamil: Kami Siapkan Aerocity dengan Potensi Triliunan Rupiah

Kompas.com - 08/06/2023, 16:02 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, Kabupaten Majalengka diproyeksikan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru Jabar dalam kurun waktu 10 sampai 20 tahun ke depan.

"Dalam rentang waktu 10 sampai 20 tahun ke depan, wilayah Majalengka akan menjadi wajah Jawa Barat karena pengembangan kawasan industri Metropolitan Rebana," katanya.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan tersebut usai menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Majalengka dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-533 Majalengka, Rabu (7/6/2023).

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Majalengka, Pemerintah Provinsi (Pemprov) akan memanfaatkan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan Bandar Udara (Bandara) Kertajati.

Baca juga: Aerocity di Bandara Kertajati Akan Lebih Besar dari India

Kang Emil menilai, Bandara Kertajati akan sangat sibuk setelah Tol Cisumdawu beroperasi penuh pada akhir Juni 2023.

"Maka kami sekarang sedang menyiapkan pusat pertumbuhan ekonomi baru di Majalengka, yaitu Aerocity yang akan membawa transaksi ekonomi hingga triliunan rupiah," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (8/6/2023).

Kang Emil berkomitmen bahwa tenaga kerja yang akan diserap di Aerocity diprioritaskan dari warga Majalengka.

"Sudah saya perintahkan mayoritas pekerja yang ada di sana (Aerocity) harus warga Majalengka yang didahulukan," katanya.

Kang Emil pun berharap Bupati Majalengka dapat memperhatikan itu agar tidak terjadi ketimpangan dalam kebutuhan sumber daya manusia (SDM).

Baca juga: Temui Investor Abu Dhabi, Ridwan Kamil Tawarkan Investasi Proyek Aerocity Kertajati

“Jadi tolong institusi pendidikannya direspons dengan baik," imbuhnya.

Terkait pertumbuhan ekonomi Majalengka yang menggeliat, Kang Emil menilai hal ini didongkrak oleh beroperasinya Tol Cisumdawu yang membawa dampak ekonomi bagi masyarakat.

"Akhir bulan ini, Cisumdawu bisa beroperasi penuh, sehingga Bandung-Majalengka bisa ditempuh kurang lebih satu jam. Ini akan membawa dampak ekonomi yang luar biasa sehingga banyak orang akan datang berwisata ke Majalengka," sebutnya.  

Pemprov Jabar juga mendukung pertumbuhan ekonomi Majalengka dengan memberangkatkan jemaah haji kloter pertama di Bandara Kertajati.

"Pemprov Jabar terus mendukung pembangunan Majalengka. Baru saja kita saksikan minggu lalu penerbangan jemaah haji pertama dari Bandara Kertajati," katanya.

Baca juga: Perusahaan China Siap Investasi Rp 2 Triliun di Aerocity Kertajati

Selain itu, pembangunan kereta cepat tahap dua dengan rute akhir di Surabaya, Jawa Timur (Jatim) diproyeksikan akan melintasi kawasan Majalengka, tepatnya di Bandara Kertajati.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com