Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Petinggi Polri Diperiksa dalam Kasus Pencabulan Murid Taekwondo Solo

Kompas.com - 11/05/2023, 12:15 WIB
Fristin Intan Sulistyowati,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo, Jawa Tengah (Jateng), melalukan pemeriksaan Ketua Pengkot Taekwondo Solo 2023, Brillian Noktiluca Priliko, dalam kasus pencabulan anak dengan tersangka Donny Susanto.

Keterpilihan Brillian beberapa waktu lalu itu, sempat mendapatkan penolakan dari Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka, dan orangtua siswa taekwondo.

Baca juga: Diprotes Gibran karena Terpilih, Ketua Pengkot Taekwondo Solo Berstatus Saksi Kasus Pencabulan Anak

Diketahui, saat ini Brillian yang kini berstatus saksi merupakan anak petinggi Polri berpangkat Brigadir Jenderal.

Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi membenarkan adanya status pemeriksaan dan hubungan keluarga tersebut.

"Iya benar, meskipun saudara Brillian ini adalah putra dari petinggi Polri. Artinya sudah kami sampaikan bahwa tidak ada kaitanya (dengan pemeriksaan)," kata Iwan Saktiadi, saat ditemui awak media, pada Kamis (11/5/2023).

Pemeriksaan Brillian, dikarenakan memiliki kedekatan pribadi dan satu dojang dengan Donny Susanto.

Selain itu, dugaan adanya keterlibatannya itu, diungkap Gibran yang mengatakan dari testimoni orangtua, Brillian memiliki reputasi negatif.

"Bahwa saudara Brillian ini berdasarkan hasil pemeriksaan memang tidak ada kaitanya ataupun seperti dugaan yang beredar rumor dan lain sebagainya. Kami tidak bekerja berdasarkan rumor, tentunya kami berdasarkan keterangan-keterangan saksi," jelasnya.

Lanjut Kapolresta, saat ini total ada 20 saksi yang telah diperiksa, termasuk puluhan saksi yang diperiksa juga berasal dari keluarga korban, hingga petugas kesehatan yang melakukan visum kepada korban.

"Seluruh keterangan saksi yang sudah kami periksa menyatakan bahwa seluruhnya merujuk kepada menguatkan saudara Donny, sebagai pelakunya," ucapnya.

Baca juga: Gibran Protes Hasil Muskot Taekwondo Solo, Ketua yang Baru Punya Kedekatan dengan Pelaku Pencabulan Murid

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com