KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah

Ganjar Pranowo Wujudkan Mimpi Imam untuk Mudik ke Kampung Halaman Setelah 23 Tahun Merantau di Lampung

Kompas.com - 16/04/2023, 10:38 WIB
Nana Triana,
Anissa DW

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Imam Mahmudi, seorang guru sekolah swasta di Lampung, tak mampu menyembunyikan kebahagiannya lantaran bisa pulang ke kampung halaman setelah 23 tahun merantau.

Berkat program Mudik Gratis dari Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, ia akhirnya mampu berlebaran bersama keluarga di kampung halamannya di Solo setelah merantau di Lampung Tengah dan Sumatera Selatan (Sumsel) demi menghidupi keluarganya.

Kisah haru itu disampaikan langsung kepada Ganjar saat pelepasan rombongan mudik gratis secara virtual di halaman Rest Area KM 20B Bandar Lampung, Lampung, Sabtu (15/3/2023).

“Terima kasih Pak Ganjar, kami mewakili peserta mudik mengucapkan jazakumullah. Semoga Pak Ganjar semua urusannya dipermudah oleh Allah,” kata Imam dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (16/4/2023).

Baca juga: Relawan Jalanan di Jateng dan Yogya, Gratis Bantu Pemudik mulai Ban Kempis sampai Mesin Mogok

Imam pun mendoakan seluruh pemudik serta berpesan kepada semua warga Jateng agar selalu menjaga suasana guyub bersama sosok gubernur yang merakyat.

“Rakyat Jawa Tengah menjadi rakyat yang gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo (kekayaan alam yang berlimpah dan keadaan yang tentram),” ujar Imam.

Hal senada juga diungkapkan Wijiyanto, perantau asal Kabupaten Boyolali. Widiyanto mengucapkan terima kasih kepada Ganjar karena dia bisa pulang kampung setelah puluhan tahun merantau sebagai buruh kebun kopi di Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

“Dari 1989, baru kali ini mudik bisa merasakan gratis. (Saya) merantau ke Muara Enim, merantau di kebon kopi. Sekarang jualan bakso. Ahamdulillah, kami berterima kasih kepada Bapak Ganjar karena kami bisa mudik bareng,” ucap Wijiyanto.

Baca juga: Gelombang Pertama Mudik Dimulai, Ganjar Minta Petugas Posko Terpadu Lebaran Siaga Malam Ini

Mewakili semua pemudik dari Medan, Lampung, serta Palembang dan sekitarnya, Ketua Pujakesuma Provinsi Lampung, Nuryono juga mengucapkan terima kasih kepada Ganjar.

“Alhamdulillah matur suwun sanget, yang ada di Sumatera difasilitasi oleh Bapak Ganjar. Mudah-mudahan, ke depan jadi presiden,” ujar Nuryono.

Nuryono berharap, program mudik gratis dapat kembali diadakan pada tahun yang akan datang. Dirinya juga mendoakan kesuksesan dan kesehatan Ganjar Pranowo.

“Tahun depan, mudah-mudahan ada program lagi. Saya lihat, tempo hari pemudik dari gubernur Jateng selalu ada. Mudah-mudahan Pak Ganjar selalu sukses,” harap Nuryono.

Baca juga: Pulang Kampung Setelah Belasan Tahun Merantau, 2 Warga Asal Jateng Ini Berterima Kasih kepada Ganjar Pranowo

Sementara itu, Ganjar yang melepas para pemudik dari Sumatera secara daring pun merasa senang dengan animo para peserta mudik gratis. Ganjar pun berpesan kepada sopir bus agar membawa kendaraannya dengan hati-hati.

“Saya minta sopirnya tidak usah ngebut, kalau capek istirahat, wajib. Maka rest area itu difungsikan untuk itu dan kami minta agar para pemudik mengingatkan ke supir busnya ‘Pak jangan ngebut, Bu jangan ngebut’ agar semuanya nyaman, semuanya senang,” kata Ganjar.

Untuk diketahui, Ganjar Pranowo bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengagas program Mudik Gratis Lebaran 2023 untuk warga Jateng yang merantau di Sumatera, dengan menyediakan 30 bus yang mengantarkan ribuan pemudik.

Untuk kloter pertama, Ganjar memberangkatkan 5 armada bus dari Palembang dan 10 bus dari Lampung. Sementara itu, untuk kloter kedua, Ganjar memberangkatkan 15 armada bus dari Medan secara serentak. 

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com