Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Tingkatkan Produksi Peternakan, Dompet Dhuafa dan MTT Telkomsel Sumbangteng Berkolaborasi

Kompas.com - 09/09/2021, 09:52 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.comDompet Dhuafa Riau berkolaborasi dengan Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) wilayah Sumatera Bagian Tengah (Sumbangteng) menyalurkan “Program Kewirausahaan” berupa sentra ternak di Desa Simpang Petai, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (7/9/2021).

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Riau, Ali Bastoni mengatakan, program kolaborasi tersebut bertujuan meningkatkan aspek produksi peternakan, khususnya kambing dan domba.

Selain meningkatkan  produksi peternakan, kata dia, sentra ternak dapat menjadi wahana syiar zakat produktif yang fundamental dan mendasar.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang baik antara MTT Telkomsel dan Dompet Dhuafa Riau. Semoga program sentra ternak dapat menjejak kebaikan dan menebar manfaat untuk jangka panjang,” ujar Ali, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Berdayakan Masyarakat, Sentra Ternak Dompet Dhuafa Lampung Rekrut Peternak Muda

Untuk diketahui, sentra ternak merupakan program kewirausahaan dalam bentuk pemberian bibit domba sebanyak 20 ekor dan pengelolaan pakan ternak selama satu tahun.

Adapun bibit domba yang diberikan kepada peternak akan dibudidayakan untuk kebutuhan hewan aqiqah maupun kurban.

Dengan perputaran hasil penjualan domba tersebut, maka dapat memberikan tambahan penghasilan untuk peternak yang berasal dari masyarakat dhuafa.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum MTT Telkomsel Wilayah Sumbangteng, Era JB Damanik mengatakan, pihaknya berkerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk menyalurkan  dana zakat dari karyawan Telkomsel di wilayahnya.

Baca juga: Dana Zakat Masih Jauh dari Potensi, Wapres Minta Baznas Berinovasi

Adapun tujuan dari program penyaluran dana zakat untuk menyejahterakan umat dalam bidang ekonomi dan wirausaha.

“Kami berkolaborasi bersama Dompet Dhuafa Riau yang juga fokus dalam program pemberdayaan zakat produktif,” ucap Damanik.

Ia berharap, program sentra ternak bisa berjalan sustainable atau berkelanjutan, istiqomah, dan memberikan manfaat luas untuk kaum dhuafa dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan manfaat yang luas, Damanik meyakini, peran zakat sebagai pengentas kemiskinan bisa tercapai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com