Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi Covid-19 Gratis bagi Penumpang KA di Madiun Diperpanjang hingga Akhir Juli

Kompas.com - 21/07/2021, 14:54 WIB
Muhlis Al Alawi,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonoesia (KAI) Daop 7 Madiun memperpanjang layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi penumpang hingga akhir Juli 2021.

Pelayanan vaksin Covid-19 gratis khusus bagi penumpang yang berangkat dari Stasiun Madiun. 

Baca juga: Distrbusikan 139 Ton Beras, Wali Kota Madiun Jamin Warganya Tidak Ada Susah Makan Selama PPKM Darurat

"Pelayanan vaksinasi gratis kami perpanjang sampai dengan tanggal 31 Juli 2021," kata Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko kepada Kompas.com, Rabu (21/7/2021). 

Pelayanan vaksinasi gratis setiap hari dimulai pukul 07.00 hingga pukul 12.000 WIB. Jumlah kuota yang tersedia tergantung ketersediaan di rumah sakit. 

Ixfan menambahkan, selama masa pemberlakuan PPKM Darurat, sebanyak 966 calon penumpang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 yang diadakan PT KAI Daop 7 Madiun.

“Ada sekitar 966 calon penumpang yang telah divaksinasi mulai dari tanggal 3–20 Juli 2021 berjalan aman, dan lancar," kata Ixfan.

Menurut Ixfan, kegiatan vaksinasi terselenggara atas kerja sama antara PT KAI Daop 7 Madiun dengan Rumah Sakit Detasemen Kesehatan Tentara (DKT) Kota Madiun. 

Untuk calon penumpang yang ingin mendapatkan vaksinasi terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. 

Adapun syarat yang harus dipenuhi yakni, berusia di atas 18 tahun, belum pernah mendapatkan vaksin dosis pertama, menunjukkan kode booking yang sudah dibayar atau tiket Kereta Api Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP (adapun NIK diperlukan untuk pendataan dan sertifikasi vaksin). 

Baca juga: Begini Cara Batalkan Tiket Kereta Api Saat PPKM Darurat di Madiun

Selain itu calon penumpang datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan KA, calon penumpang dalam kondisi sehat, memiliki suhu tubuh normal yakni tidak lebih dari 37,5 derajat.

Bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com