Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kejar Medali Emas, Provinsi Papua Kirim 14 Atlet Sepak Takraw ke PON XX 2021

Kompas.com - 12/06/2021, 17:02 WIB
Inang Sh ,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Provinsi Papua menargetkan perolehan medali emas sebanyak-banyaknya pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, khususnya pada cabang olahraga (cabor) sepak takraw.

Ketua Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Papua Elly Loupatty mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan 14 atlet sepak takraw. Untuk diketahui, Provinsi Papua baru dua kali mengirimkan altet sepak takraw pada ajang PON.

Sebelumnya, wakil cabor sepak takraw dari Provinsi Papua gagal menyumbang medali pada PON XIX 2016 di Jawa Barat (Jabar). Kini, sebagai tuan rumah, PSTI menaruh target baru.

"Sepak takraw hari ini harus menghasilkan medali. Mereka harus menyiapkan kekuatan, keterampilan, dan hal-hal baru yang tidak bisa mereka lakukan selama ini," ujarnya di Jayapura, Sabtu (12/6/2021) sebagaimana tertuang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Oleh karena itu, PSTI mengirim 14 atlet sepak takraw yang akan mewakili Papua ke Pulau Sulawesi untuk melakukan training camp (TC) selama tiga bulan sebelum.

Baca juga: Bertemu Mahfud MD, Majelis Rakyat Papua Bahas Pendekatan Kesejahteraan

Selama di Sulawesi, para atlet akan pergi ke beberapa tempat pelatihan. Sulawesi dipilih karena merupakan kawasan terkuat dari cabor sepak takraw di Indonesia.

"Sebenarnya, ada beberapa tempat yang mereka harus pergi (untuk TC). Namun, karena pandemi Covid-19, lebih baik satu pulau saja dan mereka bisa mobile ke beberapa lokasi dan kami sudah pelajari, mereka sudah cukup baik di sana," katanya.

Sebagai cabor baru di Papua, Loupatty memastikan keterwakilan putra daerah akan terus bertambah.

Dia mengatakan, PON di Jabar lalu hanya ada satu putra asli Papua yang bergabung sebagai atlet sepak takraw. Saat ini, jumlahnya sudah bertambah.

"Anak asli Papua dari kondisi 35 persen, sekarang mereka (sudah) 75 persen ke atas dan masih muda-muda. Mereka bisa menjadi atlet yang lebih baik. Target saya harus ada anak asli Papua yang ada di sepak takraw," kata Loupatty.

Sebagai informasi, PON XX akan digelar di Papua pada Rabu-Selasa, 2-15 Oktober 2021.

Baca juga: Sempat Berpolemik, PB PON Papua Limpahkan Anggaran Rp 108 M ke Sub Kota Jayapura

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com