2 Siswa Positif Covid-19, SD di Purwokerto Hentikan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Kompas.com - 10/06/2021, 11:49 WIB
Ilustrasi Covid-19 KOMPAS.COM/(Shutterstock/Petovarga)Ilustrasi Covid-19

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Dua orang siswa SD Negeri 1 Sokanegara, Kecamatan Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dilaporkan terpapar Covid-19.

Akibatnya, uji coba pembelajaran tatap muka dihentikan sejak Senin (7/6/2021).

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas Irawati mengatakan, untuk sementara pembelajaran dialihkan melalui daring kembali.

"Kebetulan dia siswa SD Negeri 1 Sokanegara, kelas 4 dan 5. Nah itu terpaparnya bukan di sekolah, tapi di rumah," kata Irawati kepada wartawan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: 50 Pedagang Bermobil di Solo di-swab Test Antigen, 3 Positif Covid-19

Irawati mengatakan, dua siswa tersebut diduga terpapar dari orangtuanya yang lebih dulu diketahui terkonfirmasi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Setelah itu karena ada laporan kepada kepala sekolah, sehingga kepala sekolah langsung menghentikan pembelajaran tatap muka (PTM), karena sekolah itu uji coba PTM, diganti pembelajaran jarak jauh," jelas Irawati.

Berdasarkan aturan yang berlaku, apabila selama uji coba PTM ada siswa atau guru yang terpapar Covid-19, maka PTM dihentikan.

"Kebetulan sudah selesai ujian akhir tahun, Sabtu nanti penerimaan rapor," ujar Irawati.

Baca juga: Dukuh di Tegal Lockdown, Berawal Kurir Paket Positif Covid-19 dan 29 Warga Terpapar

Irawati memastikan, tidak ada penyebaran Covid-19 di sekolah. Pasalnya, berdasarkan hasil tracing terhadap siswa dan guru di sekolah tersebut seluruhnya negatif Covid-19.

"Siswa kelas 4 dan 5 diswab tidak ada yang positif, artinya tidak ada yang tertular. Bapak ibu guru di-swab semuanya negatif. Ini bisa dibilang klaster keluarga," kata Irawati.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X