Mahasiswa Kerap Demo Tolak Otsus, Kapolda Papua: Fokus Belajar Saja

Kompas.com - 07/04/2021, 16:26 WIB
Kapolda Papua,Irjen Mathius D Fakhiri KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDIKapolda Papua,Irjen Mathius D Fakhiri

JAYAPURA, KOMPAS.com - Dalam beberapa bulan terakhir, mahasiswa dari berbagai universitas di Papua kerap melakukan demonstrasi menolak Otonomi Khusus (Otsus) yang tengah dalam pembahasan di DPR RI.

Menyikapi hal tersebut, Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri berpesan agar para mahasiswa lebih baik fokus dalam menjalani pendidikannya dan menyiapkan diri sebagai calon pemimpin di masa depan.

"Kami berharap mahasiswa fokus belajar saja, tingkatkan kecerdasaan, siapkan diri menjadi pemimpin masa depan," ujar Fakhiri, di Jayapura, Rabu (7/4/2021).

Baca juga: Massa Lakukan Demo Tolak Otsus di Lanny Jaya, Bupati Sebut Itu Oknum

Aksi demostrasi terakhir terjadi pada hari ini di mana para mahasiswa telah menyebarkan pamflet melalui media sosial dan aplikasi perpesanaan.

Dalam pamflet itu menyatakan mahasiswa akan menyampaikan aspirasi mengenai ribuan karyawan PT Freeport Indonesia yang telah di PHK.

"Terkait dengan isu itu, kami harap jangan ada isu lain yang ditumpangi, kami tidak mau, isunya Freeport, ujungnya tolak Otsus, saya berharap ini tidak selalu diboncengi untuk hal-hal lain, (isu Freeport) hanya kamuflase," kata Fakhiri.

Baca juga: Dituduh Fasilitasi Pedemo, DPRD Lanny Jaya Berencana Panggil Bupati

Untuk rencana demonstrasi hari ini, Fakhiri memastikan pihak kepolisian tidak memberikan izin.

"Penyampaian pendapat dimuka umum dibolehkan, namun ada aturan yang harus diterapkan, yang berkaitan dengan protokol kesehatan, sehingga di sinilah penilaian kepolisian. Apa yang dilakukan mahasiswa ini bisa keluar dari ketentuan, sehingga kami tidak memberi izin, di manapun tempatnya," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X