Salin Artikel

Mahasiswa Kerap Demo Tolak Otsus, Kapolda Papua: Fokus Belajar Saja

JAYAPURA, KOMPAS.com - Dalam beberapa bulan terakhir, mahasiswa dari berbagai universitas di Papua kerap melakukan demonstrasi menolak Otonomi Khusus (Otsus) yang tengah dalam pembahasan di DPR RI.

Menyikapi hal tersebut, Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri berpesan agar para mahasiswa lebih baik fokus dalam menjalani pendidikannya dan menyiapkan diri sebagai calon pemimpin di masa depan.

"Kami berharap mahasiswa fokus belajar saja, tingkatkan kecerdasaan, siapkan diri menjadi pemimpin masa depan," ujar Fakhiri, di Jayapura, Rabu (7/4/2021).

Aksi demostrasi terakhir terjadi pada hari ini di mana para mahasiswa telah menyebarkan pamflet melalui media sosial dan aplikasi perpesanaan.

Dalam pamflet itu menyatakan mahasiswa akan menyampaikan aspirasi mengenai ribuan karyawan PT Freeport Indonesia yang telah di PHK.

"Terkait dengan isu itu, kami harap jangan ada isu lain yang ditumpangi, kami tidak mau, isunya Freeport, ujungnya tolak Otsus, saya berharap ini tidak selalu diboncengi untuk hal-hal lain, (isu Freeport) hanya kamuflase," kata Fakhiri.

Untuk rencana demonstrasi hari ini, Fakhiri memastikan pihak kepolisian tidak memberikan izin.

"Penyampaian pendapat dimuka umum dibolehkan, namun ada aturan yang harus diterapkan, yang berkaitan dengan protokol kesehatan, sehingga di sinilah penilaian kepolisian. Apa yang dilakukan mahasiswa ini bisa keluar dari ketentuan, sehingga kami tidak memberi izin, di manapun tempatnya," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/07/162608978/mahasiswa-kerap-demo-tolak-otsus-kapolda-papua-fokus-belajar-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke