Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Tanpa Bayangan di Majalengka, Warga Berbondong Mencobanya di Ruang Terbuka

Kompas.com - 04/03/2021, 10:25 WIB
Kontributor Majalengka, Mohamad Umar Alwi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAJALENGKA, KOMPAS.com - Fenomena hari tanpa bayangan terjadi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (3/3/2021), sekitar pukul 12.00 WIB. Fenomena tersebut membuat geger masyarakat sebab bayangan dari suatu benda hilang.

Banyak masyarakat mencoba fenomena langka tersebut dengan pergi ke ruangan terbuka atau pun lapangan. Mereka di situ berdiri sambil melihat bayangan-bayangan tubuh. Bahkan ada juga yang mencobanya dengan botol minuman.

"Ini adalah fenomena Kulminasi. Akibatnya bayangan dari benda tegak akan terasa menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Makanya itu disebut hari tanpa bayangan," ujar Prakirawan BMKG Kertajati Majalengka, Ahmad Faa Izyin.

Baca juga: Daftar Wilayah dan Jadwal Hari Tanpa Bayangan Maret-April 2021

Faizyin mengungkapkan, hari tanpa bayangan menggegerkan warga Majalengka sendiri, terjadi di 3 daerah lainnya yakni Sumedang, Kota dan Kabupaten Cirebon. Bahkan tiga daerah tersebut fenomena waktunya bersamaan yakni menjelang pukul 12 siang.

"(Hari tanpa bayangan) Kota Cirebon pukul 11.57 WIB, Kabupaten Cirebon pukul 11.58 WIB dan Sumedang pukul 12.00 WIB," jelas Faizyin.

Faizin menjelaskan, hari tanpa bayangan di Majalengka terjadi pada 11.59.01 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sendiri telah membuat daftar wilayah hari tanpa bayangan, di sebagian daerah Indonesia.

Baca juga: Yogyakarta Alami Hari Tanpa Bayangan Siang Ini, Berikut Jadwal di Daerah Lain

Fenomena Kulminasi

Faizyin menjelaskan, hari tanpa bayangan yang membuat geger warga Majalengka tersebut merupakan fenomena Kulminasi. Fenomena Kulminasi menurutnya peristiwa matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

"Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit, yakni tepat di atas kepala pengamat atau titik Zenit," terang dia.

Bahkan, hari tanpa bayangan ini, akan terjadi juga di wilayah Kabupaten Indramayu.

Menurutnya Indramayu akan terjadi fenomena Kulminasi dan waktunya pada Kamis (4/3/2021) besok pukul 11.58.02 WIB.

"(Kulminasi) itu tiap tahunnya pasti terjadi," jelas Faizyin.

Baca juga: Hari Tanpa Bayangan di Bali Terjadi 26 dan 27 Februari, Ini Penjelasan BMKG

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com