Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

179 Anak di Kulon Progo Positif Covid-19, di Antaranya 50 Balita

Kompas.com - 20/01/2021, 05:55 WIB
Dani Julius Zebua,
Khairina

Tim Redaksi

 

KULON PROGO, KOMPAS.com –Sedikitnya ada 179 anak-anak tertular Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mayoritas penderita anak menjalani isolasi mandiri selama ini.

Hari ini saja ada tujuh anak-anak terkonfirmasi Covid-19. Di antara ketujuh anak itu ada lima balita, satu usia tujuh tahun dan satu lagi 11 tahun.

“Penambahan 30 kasus Covid-19 lagi pada Selasa ini (tujuh di antaranya adalah anak-anak). Sedangkan yang selesai isolasi 31 kasus,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, TH Baning Rahayujati, Selasa (19/1/2021).

Baca juga: Wagub DKI: Belum Ada Laporan Terkait Efek Samping Vaksinasi Covid-19 di Jakarta

Ratusan kasus Covid-19 terjadi pada anak itu usia sampai usia 17 tahun. Lebih dari 50 kasus di antaranya masih balita. Bahkan ada terkonfirmasi usia 1,5 bulan.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo mencatat bahwa peningkatan mulai terlihat mulai November 2020 lalu. Ketika itu, klaster besar mulai bermunculan di Kulon Progo.

Covid-19 yang menjangkiti anak-anak dari Februari sampai Oktober 2020 baru 23 kasus. Mereka yang terkonfirmasi mendadak meningkat tajam mulai November, yakni ada penambahan sekitar 20 kasus baru pada anak.

Kasus semakin tinggi pada bulan Desember, yakni bertambah sedikitnya 71 kasus baru pada anak. Bahkan sepanjang 19 hari di Januari 2021 ini sudah muncul hingga 65 kasus anak-anak.

Baca juga: Ponorogo Zona Merah Covid-19, Angka Kematian di Atas Rata-rata Nasional

Baning mengungkapkan, tren menunjukkan kenaikan anak terjangkit Covid-19. Hal ini seiring banyak klaster keluarga.

Karena itu, Baning mengingatkan kembali agar masyarakat patuh dan konsisten pada protokol kesehatan walaupun pada tingkat keluarga.

“Karena klaster keluarga. Kalau dulu awalnya PP (pelaku perjalanan). Artinya pelaksanaan protokol kesehatan di keluarga belum baik,” kata Baning.

Sampai sekarang jumlah Covid-19 sudah mencapai 1.589 kasus di Kulon Progo. Menilik dari banyaknya kasus itu, setidaknya 11 persen kasus terjadi pada anak.

Kesembuhan terjadi pada 992 kasus, terdiri 470 kasus usai menjalani isolasi mandiri dan 522 kasus sembuh dibuktikan lewat tes laboratorium PCR.

Mereka yang masih menjalani perawatan sebanyak 59 kasus. Sementara 476 kasus masih isolasi mandiri. Kematian terjadi pada 26 kasus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com