Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga SD Ditutup Sementara karena Abai Protokol Kesehatan

Kompas.com - 11/01/2021, 20:45 WIB
Raja Umar,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Karena tidak menerapkan protokol kesehatan ketat saat proses belajar tatap muka sesuai dengan surat edaran wali kota, tiga sekolah dasar (SD) di Kota Banda Aceh ditutup oleh tim gugus tugas Covid 19 dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh sejak Minggu (10/01/2020) malam. 

“Tiga SD di Kota Banda Aceh kami tutup sejak  Minggu malam, karena sekolah tersebut mengabaikan protokol kesehatan,” kata Saminan, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh saat ditemui Kompas.com di ruang kerjanya, Senin (11/01/2020).

Baca juga: 8 Sekolah di Padang Panjang Lakukan Belajar Tatap Muka, 36 Lainnya Menunggu Hasil Tes Swab

Menurut Saminan, ketiga sekolah itu ditutup dengan dipasang sepanduk bertuliskan “Sekolah ini ditutup karena mengabaikan protokol kesehatan, akan dibuka kembali setelah ada komitmen bersama dari warga sekolah”.

Sebelum ditutup, ketiga SD tersebut sudah diberi teguran oleh tim pengawas dan Gugus Tugas Covid-19 agar menerapkan protokol kesehatan ketat selama proses belajar dan mengajar tatap muka berlangsung. 

“Sebelum ditutup tiga sekolah tersebut sudah diperingatkan agar segera menerapkan protokol kesehatan ketat tapi mereka tetap abai. Padahal bedasarkan hasil evaluasi sebelumnya, lima sekolah tidak menerapkan protokol kesehatan. Tapi setelah kita beri teguran, dua sekolah lain segera memperbaiki,” katanya.

Masih kata Saminan, penutupan sementara proses belajar tatap muka dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh itu sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan di sekolah selama proses belajar dan mengajar tatap muka berlangsung.

“Penutupan sekolah itu sesuai SOP yang kita buat. Dalam surat edaran wali kota, sekolah tatap muka dibolehkan mulai 04 Januari 2021 dengat syarat wajib menerapkan protokol kesehatan ketat. Tapi setelah seminggu berjalan sekolah tatap muka kami evaluasi ada masih abai terhadap protokol kesehatan sehingga kami putuskan untuk ditutup sementara," katanya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Karawang dan Purwakarta Tunda Sekolah Tatap Muka

Tiga SD yang ditutup karena abai terhadap protokol kesehatan ketat adalah SD 14 di Pango, SD 46 di Rukoh dan SD Muhammadiyah 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com