Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 di Riau Terus Bertambah, Rata-rata 100 Kasus Tiap Hari

Kompas.com - 11/12/2020, 20:50 WIB
Idon Tanjung,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai penyebaran Covid-19 yang masih terus terjadi setiap harinya.

Bahkan, setiap hari penambahan kasus terkomfirmasi positif di Riau selalu di atas angka 100.

"Kasus positif Covid-19 masih terus terjadi, baik yang dari hasil tracing pasien positif sebelumnya, maupun orang tanpa gejala (OTG) yang menjalani tes swab. Rata-rata per hari itu penambahan di atas 100 kasus," kata Mimi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Keluar-masuk Hutan demi Mengajar, Guru di Riau Ini Kini Lega Bisa Punya Motor

Menurut dia, penambahan kasus positif akan bisa terus terjadi apabila masyarakat tidak disiplin menerapkan pola hidup sehat sesuai protokol kesehatan.

"Intinya masyarakat jangan sampai lengah, dan harus tetap waspada. Selalu terapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak," kata Mimi.

Baca juga: Hasil Real Count KPU Pilkada 9 Daerah di Riau, Ini Paslon yang Unggul Sementara

Dia mengatakan, tidak ada yang sulit dalam menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Sebab, dengan penerapan 3M adalah salah satu cara yang cukup efektif memutus rantai penularan virus mematikan itu.

"Apalagi setelah pilkada ini, kita belum tahu apakah ada peningkatan kasus atau tidak. Mudah-mudahan tidak ada selagi panitia penyelenggara menerapkan protokol kesehatan," ujar Mimi.

Sementara itu, terkait Gubernur Riau Syamsuar yang masih dirawat akibat positif Covid-19, Mimi mengatakan, kondisinya masih dalam pengawasan tim dokter.

"Pak Gubernur Riau kondisinya mulai stabil dan ada perubahan. Setelah beberapa hari dirawat mulai membaik dan sudah menampakan kesembuhan. Kita lihat nanti di hari minggu, apakah Beliau diperbolehkan pulang oleh tim dokter dan menjalani isolasi mandiri di rumah," kata Mimi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com