Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Ile Lewotolok Meletus 3 Kali pada Hari Ini

Kompas.com - 05/12/2020, 20:14 WIB
Nansianus Taris,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

LEWOLEBA, KOMPAS.com -Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, kembali meletus pada hari ini, Sabtu (5/12/2020).

Berdasarkan catatan Pos Pengamatan Gunung Ile Lewotolok, pada hari ini telah terjadi 3 kali erupsi.

Erupsi pertama, terjadi sekitar 02.29 Wita. Pada erupsi pertama, tinggi kolom abu mencapai 500 meter di atas puncak atau kurang lebih 1.923 di atas permukaan laut.

Baca juga: Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Terjadi, Total 7.991 Warga Lembata Mengungsi

Erupsi disertai dengan lava pijar dan gemuruh. Kolom abu termatai berwarna kelabu dengan intensitas di atas permukaan laut.

Erupsi kedua terjadi pukul 05.49 Wita. Letusan ini menimbulkan kolom abu kelabu dengan intensintas tebal condong ke arah barat dan terekam di seismogram dengan amplitudo 12 milimeter.

Letusan ketiga terjadi sekitar 06.49 WIta dengan ketinggian abu teramati 1.000 meter di atas puncak atau 2.423 meter di atas pemukaan laut.

Kolom abu teramati kelabu dengan intensitas tebal condong ke barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 13 milimeter.

Baca juga: Gunung Ile Lewotolok Terus Keluarkan Erupsi Disertai Suara Gemuruh

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok, Anselmus Bobyson Lamanepa, mengatakan saat ini gunung tersebut masih ada di level III (siaga).

“Diimbau kepada warga sekitar gunung, pengunjung, pendaki, dan wisatawan, agar tidak boleh beraktivitas dalam zona perkiraan bahaya dalam area kawah Gunung Ile Lewotolok dan seluruh area dalam radius 4 kilometer dari puncak,” tegas Anselmus dalam rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu sore.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com