Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala IGD RSUD Ansari Saleh Banjarmasin Meninggal karena Covid-19 Usai Dirawat 13 Hari

Kompas.com - 03/12/2020, 19:35 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ansari Saleh Banjarmasin, Rimba A Tanum meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19.

Almarhum Rimba diketahui masuk ruang perawatan pada Tanggal 18 November 2020 dan meninggal dunia dalam usia 53 tahun usai dirawat selama 13 hari.

Diawal perawatan, almarhum memperlihatkan kondisi yang cukup stabil, namun tiga hari menjelang kepergiannya, kondisinya terus menurun.

"Kami sangat kehilangan. Rimba A. Tanum adalah perawat senior yang bertugas di garda terdepan dalam melawan Covid. Beliau juga kawan baik saya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi kepada wartawan, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Negatif Covid-19, Jenazah Dewan Hakim MTQ Dipulangkan ke Banjarmasin

Dari data yang diterima, almarhum merupakan perawat senior dan telah mengabdikan diri bekerja diberbagai fasilitas kesehatan selama 27 tahun.

Almarhum juga diketahui sejak Maret 2020 terlibat langsung menangani pasien Covid-19 sehingga kuat dugaan dia terpapar dari pasien yang ditanganinya.

Selain menangani pasien Covid-19, almarhum juga turut aktif membantu pemulasaraan jenazah pasien yang meninggal karena Covid-19.

Baca juga: Dokter Sardjono Meninggal karena Covid-19, Berpulang Setelah Sehari Masuk Rumah Sakit

Usai mendapat penghormatan oleh teman sejawat, almarhum dimakamkan dengan prosedur Covid-19.

"Meninggalnya Rimba A Tanum menambah jumlah tenaga medis di Banjarmasin yang meninggal karena Covid-19 menjadi tujuh orang," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com