Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pemilih Disabilitas di Kota Padang Tinggi, KPU Rancang TPS Khusus

Kompas.com - 11/11/2020, 08:36 WIB
Rahmadhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Jumlah pemilih disabilitas di Kota Padang Sumatera Barat pada Pilkada Sumbar yang dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang sebanyak 1.540 orang.

"Rinciannya, disabilitas fisik sebanyak 671 orang, disabilitas intelektual sebanyak 152 orang, disabilitas mental sebanyak 391 orang dan disabilitas sensorik sebanyak 326 orang, " ujar Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra, Rabu (11/11/2020) yang dihubungi melalui telepon.

Untuk membantu pemilih tuna netra dalam menentukan hak suaranya, pihak KPU Padang akan menyiapkan alat bantu berupa templet braille.

"Pelayanan untuk pemilih normal dan disabilitas berbeda. Nantinya di setiap TPS akan ada petugas yang membantu pemilih disabilitas mulai dari dia datang sampai selesai memilih dan kembali meninggalkan TPS, " paparnya.

Baca juga: Kisah Nia, Dulu Ditolak Kerja karena Cacat, Kini Punya 42 Karyawan Usaha Nata De Coco

Riki mengatakan tidak semua TPS ada pemilih disabilitas. Sementara itu untuk membuat TPS khusus disabilitas tidak mungkin, karena tidak ada dalam peraturan.

"Sedangkan jika di TPS tersebut ada pemilih yang cacat fisik, maka TPS tersebut dirancang agar besar, tujuannya agar bisa dilewati oleh kursi roda dengan mudah, " ungkapnya.

Jumlah pemilih di Kota Padang yaitu sebanyak 613.513 orang. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat diikuti empat pasangan, yaitu Mulyani-Ali Mukhni, Nasrul Abit-Indra Catri, Fakhrizal-Genius Umar dan Mahyeldi-Audy Joinaldi.

"Para pemilih dan petugas nantinya diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kemudian pemilih diimbau untuk membawa masker dan pena sendiri," ungkapnya.

Baca juga: Terduga Teroris di Sumbar Bekerja Sebagai Sopir, Wali Nagari: Orangnya Kurang Bergaul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com