Salin Artikel

Jumlah Pemilih Disabilitas di Kota Padang Tinggi, KPU Rancang TPS Khusus

"Rinciannya, disabilitas fisik sebanyak 671 orang, disabilitas intelektual sebanyak 152 orang, disabilitas mental sebanyak 391 orang dan disabilitas sensorik sebanyak 326 orang, " ujar Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra, Rabu (11/11/2020) yang dihubungi melalui telepon.

Untuk membantu pemilih tuna netra dalam menentukan hak suaranya, pihak KPU Padang akan menyiapkan alat bantu berupa templet braille.

"Pelayanan untuk pemilih normal dan disabilitas berbeda. Nantinya di setiap TPS akan ada petugas yang membantu pemilih disabilitas mulai dari dia datang sampai selesai memilih dan kembali meninggalkan TPS, " paparnya.

Riki mengatakan tidak semua TPS ada pemilih disabilitas. Sementara itu untuk membuat TPS khusus disabilitas tidak mungkin, karena tidak ada dalam peraturan.

"Sedangkan jika di TPS tersebut ada pemilih yang cacat fisik, maka TPS tersebut dirancang agar besar, tujuannya agar bisa dilewati oleh kursi roda dengan mudah, " ungkapnya.

Jumlah pemilih di Kota Padang yaitu sebanyak 613.513 orang. Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat diikuti empat pasangan, yaitu Mulyani-Ali Mukhni, Nasrul Abit-Indra Catri, Fakhrizal-Genius Umar dan Mahyeldi-Audy Joinaldi.

"Para pemilih dan petugas nantinya diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kemudian pemilih diimbau untuk membawa masker dan pena sendiri," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/11/08363201/jumlah-pemilih-disabilitas-di-kota-padang-tinggi-kpu-rancang-tps-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke