Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyoal Foto Bugil 2 Pria di Gunung Gede Pangrango, Terduga Pelaku Sebut untuk Riset Tema Tubuh

Kompas.com - 24/10/2020, 11:11 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Dua pria pendaki berfoto bugil di kawasan sakral alun-alun Suryakancana Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Jawa Barata.

Oleh dua pria tersebut, foto bugil mereka diunggah di media sosial. Tak ayal, ulah dua pria dewasa tersebut menuai kecaman warganet.

Setelah foto tersebut menjadi perbincangan publik, beredar video dua pria yang diduga melakukan foto bugil di Gunung Gede Pangrango.

Baca juga: Beredar Video Diduga 2 Pendaki yang Foto Bugil di Gunung Gede Pangrango Minta Maaf

Video tersebut juga diunggah di akun Instagram @prau_montain pada Sabtu (24/10/2020).

Dua pria yang memperkenalkan sebagai E dan BR meminta maaf kepada masyarakat Jawa Barat dan para pendaki Indonesia atas beredarnya foto bugil mereka.

E dan BR mengaku foto tersebut adalah bagian dari riset keduanya yang mengusung tema tubuh untuk menyuarakan hak-hak individu dan perjuangan gender.

Menurut mereka, dengan melakukan riset tersebut bisa mengubah sudit pandang masyarakat terkait isu tertentu.

Baca juga: Kasus Foto Bugil 2 Pendaki Gunung Gede Pangrango, Ternyata Dilakukan di Tempat Sakral

"Jadi, nudis yang dimaksud di sini, itu menyuarakan atau protes atau advokasi melalui tubuh yang biasanya disuarakan untuk hak-hak individu atau mungkin perjuangan gender, seperti itu," kata BR.

BR dan E mengakui telah melakukan kesalahan dan tidak cermat saat dokumen riset mereka diunggah di media sosial yakni Instagram.

Mereka menyadari jika foto bugil yang disebut sebagai bagian dari riset bisa disalahgunakan dan intreprestasi ulang oleh masyarakat sehinga konteksnya berbeda.

Baca juga: Berfoto Bugil di Tempat Sakral, Pelaku Disebut Tak Punya Jiwa Pendaki

"Di sini kami belajar dari kesalahan, sehingga mungkin ke depannya kita dapat lebih baik dan memilah apa yang harus kita posting, serta lebih bijak dalam mem-posting sesuatu yang mungkin akan menjadi tidak baik nantinya," tutur BR.

Hingga berita ini ditulis, Kompas.com masih belum mendapatkan konfirmasi dari BR dan E terkait kebenaran video tersebut.

Selain itu Kompas.com juga masih berusaha mengkonfirmasi video tersebut ke Balai Besar TNGGP.

Baca juga: Kasus Foto Bugil 2 Pendaki Gunung Gede Pangrango, Ternyata Dilakukan di Tempat Sakral

Disebut tak miliki etika dan tak punya tata krama

Sejumlah pendaki saat menyusuri puncak Gunung Gede Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Balai Besar TNGGP kembali membuka jalur pendakian setelah ditutup akibat pandemi Covid-19 sejak Maret 2020.Dok: Kompas.com Sejumlah pendaki saat menyusuri puncak Gunung Gede Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Balai Besar TNGGP kembali membuka jalur pendakian setelah ditutup akibat pandemi Covid-19 sejak Maret 2020.
Terkait foto bugil dua pendaki pria di alun-alun Suryakancana tersebut, pegiat lingkungan dan pendaki asal Cianjut menyebut jika mereka tidak memiliki etika.

Ia mengatakan yang dilakukan oleh mereka bertentangan dengan norma agama dan sosial serta melanggar SOP pendakian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com