Kampanye di Kabupaten Semarang, Paslon Berburu Nomor Ponsel Warga dan Maksimalkan Telekonferensi

Kompas.com - 18/10/2020, 21:27 WIB
Calon Bupati Semarang Bintang Narsasi dan Jubir Masud Ridwan KOMPAS.com/DIAN ADE PERMANACalon Bupati Semarang Bintang Narsasi dan Jubir Masud Ridwan

UNGARAN, KOMPAS.com - Sejumlah cara dilakukan pasangan calon kepala daerah saat berkampanye di tengah pandemi virus corona baru atau Covid-19.

Hal serupa dilakukan dua pasangan calon di Pilkada Kabupaten Semarang 2020, yakni Bintang Narsasi-Gunawan Wibisono (Bison) dan Ngesti Nugraha-Basari (Ngebas).

Tim pasangan calon Bintang-Gunawan mulai aktif mengumpulkan nomor ponsel calon pemilih di daerahnya.

Sehinga, mereka bisa menyampaikan visi dan misi pasangan tersebut lewat pesan singkat atau telepon.

"Ini proses mengumpulkan nomor telepon masyarakat, agar nanti bisa mengetahui program pasangan Bison. Ini cara kampanye di masa pandemi Covid-19," kata Bintang di Posko Pemenangan Bison, Minggu (18/10/2020).

Menurut Bintang, upaya itu dilakukan karena ada aturan yang membatasi pertemuan langsung. Setiap pertemuan tatap muka hanya bisa dihadiri maksimal 50 orang.

Baca juga: Warga Lihat Terpidana Cai Changpan Sebelum Ditemukan Tewas, Kades: Dia ke Sini Lewat Hutan...

"Setiap pertemuan paling banyak 50 orang selama dua jam, tentu penyampaian visi-misi tidak akan maksimal karena dibatasi. Padahal kita butuh agar semua mengetahui program-program yang direncanakan," ungkapnya.

Dalam sehari, pertemuan tatap muka paling banyak dilakukan lima kali. 

"Total 200-an orang, padahal kita membutuhkan sebanyak-banyaknya," kata Bintang.

Juru bicara tim Bintang-Gunawan, Mas'ud Ridwan mengatakan, timnya lebih condong melakukan kampanye daring dibandingkan tatap muka.

"Memang kalau pun ada tatap muka jumlahnya sangat terbatas, memang ini sedikit banyak agak menghambat sosialisasi," jelasnya.

Namun, Ridwan maklum langkah itu harus diambil untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X