Jembatan Senilai Rp 25,9 Miliar Ambruk, Ini Tanggapan Pemkot Pangkalpinang

Kompas.com - 18/10/2020, 17:55 WIB
Jembatan senilai Rp 25,9 miliar lebih di Jerambah Gantung, Pangkalpinang ambruk saat proses pengerjaan, Jumat (16/10/2020) malam. KOMPAS.com/HERU DAHNURJembatan senilai Rp 25,9 miliar lebih di Jerambah Gantung, Pangkalpinang ambruk saat proses pengerjaan, Jumat (16/10/2020) malam.

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, angkat bicara terkait ambruknya jembatan gantung senilai Rp 25,9 miliar yang terletak di Kelurahan Jerambah Gantung.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pangkalpinang Suparlan Dulaspar mengatakan, kejadian ambruknya bagian jembatan itu merupakan tanggung jawab kontraktor.

Sebab, proyek itu masih berlangsung dengan tenggat waktu hingga akhir tahun.

"Kami melakukan pembayaran setelah proyek selesai dan dilakukan serah terima. Nanti nilainya dihitung berapa persen yang bisa disiapkan," kata Suparlan saat dihubungi Kompas.com, Minggu (18/10/2020).

Parlan menambahkan, kerugian ditanggung sepenuhnya oleh pihak kontraktor karena proyek sedang berjalan.

Baca juga: Istri Pertama Siswa SMK di Lombok: Waktu Itu Saya Kira Dia Tamu Mau Menjenguk, Ternyata...

Pemkot Pangkalpinang tidak menambah anggaran pembangunan akibat insiden itu. Anggaran yang diberikan sesuai yang dialokasikan di APBD 2020.

"Kalau pun nanti kontraktor minta perpanjangan waktu bisa saja. Dengan permohonan dan berita acara kejadian. Namun pembayaran tetap dihitung berapa persen yang siap tahun ini. Sisanya masuk dalam anggaran berikutnya," ujar Parlan.

Menurut Parlan, bagian tengah jembatan itu ambruk karena kesalahan manusia. 

Balok penyangga glider yang sedang dipasang tiba-tiba bergeser jatuh menimpa balok yang lain.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X