Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Tertular Suami, Perempuan Ini Positif Covid-19, Sebelumnya Mengeluh Batuk

Kompas.com - 16/09/2020, 22:12 WIB
Muhlis Al Alawi,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com - Seorang ibu rumah tangga berinisial NS (54), warga Desa Purworejo, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, terkonfirmasi positif covid-19. 

Sebelumnya, suami NS terlebih dulu dinyatakan positif Covid-19. Perempuan berinisial NS ini merupakan pasien 96 positif Covid-19 di Kabupaten Madiun.

Baca juga: Video Viral Warga Berjoget Tanpa Masker di Sebuah Pesta, Ternyata Acara Tak Berizin

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Madiun Mashudi mengatakan, NS mengalami batuk sebelum dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Ibu rumah tangga ini mulai merasa batuk-batuk, Kamis (10/9/2020)," kata Mashudi saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

NS dirujuk ke RSUD Dolopo, Madiun, karena kondisinya memburuk. Ia menjalani tes swab di rumah sakit milik Pemkab Madiun itu karena suaminya terlebih dulu positif Covid-19.

"Suaminya sudah terlebih dahulu terpapar corona Minggu (30/8/2020) lalu," kata Mashudi. 

Ia menduga NS tertular dari suaminya yang terlebih dahulu terpapar corona. Pasalnya NS merupakan kontak erat suaminya yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 sejak akhir Agustus 2020. 

Mashudi mengingatkan warga Kabupaten Madiun agar waspada mengingat jumlah kasus positif Covid-19 terus bertambah. 

Baca juga: Wakil Bupati Yalimo Tabrak Polwan hingga Tewas, Polisi: Pelaku Tak Bawa SIM dan STNK

Untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, Mashudi meminta warga disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. 

Sebanyak 96 kasus positif Covid-19 tercatat di Kabupaten Madiun hingga Rabu (16/9/2020). Rinciannya, 78 orang sembuh, sembilan dirawat, tiga orang isolasi mandiri, dan enam orang meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com