Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Odading Mang Oleh, dari Langganan SBY hingga Jadi Suguhan untuk Presiden AS

Kompas.com - 16/09/2020, 11:15 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kue odading Mang Oleh di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Jawa Barat, mendadak terkenal setelah dipromosikan oleh salah seorang warga bernama Ade Londok.

Saat berbincang dengan Kompas.com, Rabu (16/9/2020), pemilik usaha odading, Oleh (60), bercerita bahwa dagangannya laku keras setelah videonya viral sejak Jumat (11/9/2020). Orang yang mempromosikannya adalah Ade Londok yang merupakan sahabat anaknya.

Sejak video itu viral, kata Oleh, produksi odading dan cakwenya naik hingga empat kali lipat.

Baca juga: Viralkan Odading Mang Oleh, Ade Londok Dapat Hadiah Ponsel dari Ridwan Kamil

 

Jika hari normal ia bisa menjual 30 kilogram bahan adonan, kini ia sanggup menjual 1,2 kuintal per hari dari pukul 06.00 WIB hingga 17.30 WIB.

"Saya sudah dagang selama 30 tahun, ini seperti titik puncak karier saya. Saya enggak nyangka bisa ramai seperti ini. Peningkatannya hingga empat kali lipat," ujar ayah 15 anak ini.

Tenarnya odading Mang Oleh ternyata bukan baru-baru ini.

Oleh bercerita, odadingnya sudah menjadi langganan para pesohor, seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono yang sering mampir ke warungnya sebelum menjadi presiden.

Bahkan, odading dan cakwenya pernah menjadi makanan jamuan Istana Negara saat kedatangan Presiden Amerika George W Bush.

"Saya sudah 30 tahun jualan. Dulu Pak SBY sama Bu Ani sering nongkrong di sini sebelum jadi presiden. Memang sudah jadi langganan. Pernah juga dipesan oleh Istana Negara untuk menyambut George Bush. Pemeran sinetron Preman Pensiun juga sering mampir ke sini. Pak Bondan Maknyus juga pernah mampir. Hotel juga ambil barang dari sini, tapi enggak seramai sekarang," tutur Oleh.

Meskipun menjadi langganan para pesohor, kata dia, penjualan odadingnya tak naik signifikan. Justru kelakar Ade Londok di media sosial yang mendongkrak omzetnya.

"Dulu yang kerja di sini cuma dua orang. Sekarang semua anak saya ikut bantu," ucapnya.

Baca juga: Odading Mang Oleh Laris Manis berkat Promosi Ngegas hingga Viral

Oleh tak menampik bahwa Ade Londok yang paling berjasa dalam meningkatkan penjualan odadingnya. Terlebih lagi, dengan kedatangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, produknya akan kian terpromosikan.

"Ade itu teman anak saya. Dia itu cuma makan odading sambil divideokan, gitu saja. Enggak nyangka bakal viral. Alhamdulillah, apalagi dipromosikan Kang Emil, mudah-mudahan berkah," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com